Apasih yang harus dilakuin setelah selesai sidang sarjana di Gunadarma?

Mungkin pertanyaan diatas sering ditanyakan oleh kalian yang bingung setelah selesai sidang harus ngapain. Temen-temen gue juga lumayan banyak yang nanya ke gue setelah sidang apa yang harus dilakuin. Jawabannya sebenernya sepele. Setelah  sidang dan dinyatakan lulus, hal yang harus lo lakuin ya ngucapin terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Esa, Orangtua dan keluarga. Trus jangan lupa buat foto-foto narsis bareng temen di kampus Kenari.

Ok, gue salah fokus. Itu bukan jawaban dari pertanyaan yang ditanya oleh kalian semua. Jadi sebenernya hal yang harus lo lakuin setelah sidang yaitu :


1. Urus bebas keuangan ke-2


Yang harus lo bawa saat ngurus bebas keuangan ke-2 yaitu :
  • KRS, 
  • Bukti pembayaran kuliah dari semester 1- semester akhir 
  • surat jadwal sidang. 
Nanti setelah diurus sama bagian keuangan, semua berkas lo dibalikin. Pastiin di surat jadwal sidangnya ada cap bagian keuangan.


2. Upload PPT Skripsi & Jurnal (Jalur skripsi)

Nah buat lo yang lulusnya lewat jalur skripsi, langkah ini kudu dan wajib dilaksanain. Untuk format penulisan jurnal bisa lo liat disini - Format Penulisan Jurnal UG - (Based on : Penelitian.gunadarma.ac.id). Kemudian PPT dan jurnal yang udah lo buat di upload ke sini nih - Deposit Library Gunadarma - Abis di upload lo bakalan dapat 2 buah lembar bukti upload. Yang satu bukti upload PPT, yang satu lagi bukti upload Jurnal.


3. Ke Perpus

Setelah lo upload, lo mesti ke perpus buat verifikasi semua file yang udah lo upload ke perpus yang lokasinya di gedung 3 deket bank DKI. Yang lo bawa yaitu :
  • surat sidang, 
  • bukti upload ppt 
  • bukti upload jurnal. 
Abis di verifikasi, semua kertas bukti lo bakalan di cap sama bagian perpus.


4. Minta tanda tangan Pak Edi (Bagian sidang sarjana)

Tahap selanjutnya yang harus lakuin yaitu ke bagian loket sidang sarjana buat minta tanda tangan pak edi di skripsi yang udah lo revisi dan hardcover. Yang mesti lo bawa adalah :
  • hardcover skripsi, 
  • surat revisi yang udah di acc, 
  • bukti upload jurnal 
  • bukti upload ppt.
Surat sidang ga perlu lo lampirin ya. Sekali lagi gue tekanin, SURAT SIDANG ga perlu dilampirin. Karena pengalaman gue yang surat sidangnya dilampirin, surat sidangnya lenyap ga dibalikin lagi. Dan ternyata setelah gue tanya orang bagian sidangnya, surat sidang emang ga di lampirin. 

Ngurus tanda tangan ini ditempuhnya ga dalam tempo 1 hari. Jadi lo tinggalin aja hardcover lo. Seminggu kemudian baru lo ambil lagi, dan tunjukin KTM/KRS buat ngambil hardcovernya.


5.  Registrasi UG Career

Selamat datang hey kau kaum pengangguran HAHAHA Kesian ya, setelah lo selese sidang status pekerjaan lo bakalan ambigu. Dibilang Mahasiswa udah bukan, dibilang kerja juga belom. Yaudah daripada lo ga punya status masuk aja ke komunitas pengangguran. Tapi jangan sedih, Gunadarma menyediakan sebuah solusi buat kalian yang ga mau lama-lama jadi pengangguran. Yak lo buka aja situs career.gunadarma.ac.id. Setelah lo buka, lo bikin akun disana. Nah abis bikin akun, lo bisa searching sesuka hati lo deh nyari pekerjaan yang lo suka. Jangan lupa juga, lo lapor ke bagian ugcareer di gedung 3 deket gazebo buat verifikasi klo lo udah bikin akun disana. Yang lo bawa pas lapor cuma surat jadwal sidang aja. Nanti pas lo ambil, disurat sidang lo ada cap bagian ugcareer.


6. Upload Skripsi (Jalur skripsi)

Setelah lo minta tanda tangan pak Edi, hal yang harus lo lakuin adalah upload skripsi lo. Uploadnya sama kesini - Deposit Library Gunadarma - Abis lo upload, lo ga usah bingung kok bukti uploadnya ga ada. Karena emang abis upload skripsi lo ga dapet bukti upload.


7. Ke Perpus (Lagi)

Nah abis lo upload tadi, lo balik lagi ke perpus. Tenang aja petugas perpusnya ga bakalan bosen kok ketemu lo. Ya gimana bisa bosen, hafal sama bentuk muka lo aja kagak. Kecuali klo petugas perpusnya itu temen yang lo kenal, mungkin dia bakalan bosen ketemu lo lagi lo lagi. Yang mesti lo bawa pas ngurus nanti :
  • Surat Sidang
  • Hardcover skripsi
Abis dicek sama petugas perpusnya, semua yang lo bawa bakalan dibalikin lagi sama dikasi blanko sumbangan buku sebesar Rp 50.0000 yang mesti dibayarin di bank DKI. Jangan lupa diblankonya lo kasi nama dulu, nanti teller di Bank DKInya bingung itu blanko punya siapa.

Setelah lo bayar, lo balik lagi ke perpusnya bawa :
  • Surat Sidang
  • Hardcover skripsi
  • Bukti sumbangan buku.
Yang dibalikin nanti cuma surat sidang sama bukti sumbangan buku aja. Jadi lo ga mesti demo di depan loket perpus buat minta hardcover skripsi lo dibalikin.


8. Bayar wisuda

Setelah lo selese pengumuman hasil sidangnya, bagi lo yang dinyatakan lulus bakalan dibagiin blanko buat bayar wisuda dan ijazah. Klo setelah lo sidang ga dibagiin blankonya itu si DL (becanda deng). Klo lo ga dibagiin blankonya, lo ambilnya nanti di loket wisuda. Jangan lupa juga diblankonya lo kasi nama dulu sebelum dibayar, nanti teller di Bank DKInya bingung itu blanko punya siapa.


9. Ambil STLS (Surat Tanda Lulus Sementara)

Abis lo ngurus tetek bengek tadi, lo baru bisa ngambil STLS di loket D21. Berikut ini perintilan-perintilan yang mesti lo bawa pas mau ambil STLS :
  • Surat jadwal sidang (udah ada cap bagian keuangan, ugcareer, perpus)
  • Bukti sumbangan buku
  • Bukti bayar wisuda.
Nah nanti perintilan tadi bakalan dibalikin lagi sama STLS punya lo. Pas dipanggil lo bakalan disuru cap 3 jari di STLSnya. Klo lo mau legalisir, lo fotocopy dulu STLS lo maximal 5 lembar abis itu balik antri lagi. Berkas yang lo masukin di loket pas legalisir :
  • STLS Asli
  • Fotocopy STLS 5 lbr
Lo tungguin dulu, pas nama lo dipanggil, STLS asli lo dibalikin lagi sama lo dikasi buat ngambil legalisirnya. Legalisirnya diambil seminggu setelah lo nyerahin legalisir itu. Selama ijazah lo belum turun STLSnya jangan sampe ilang.


10. Ambil ijazah dan transkrip nilai

Ijazah & transkrip nilai baru bisa diurus setalah 3 bulan dari waktu lo sidang. Jadi sabar-sabar aja nunggunya. Nah pas lo mau ngambil ijazah sama transkrip nilai, yang mesti lo bawa :
  • Surat jadwal sidang (udah ada cap bagian keuangan, ugcareer, perpus)
  • Bukti sumbangan buku
  • Bukti bayar wisuda.
  • STLS asli
Nanti semua berkas lo dibalikin lagi beserta ijazah, transkrip nilai. Form foto, fotocopy ijazah SMA/SMK, fotocopy ktp yang lo kumpulin pas sidang juga ikut dibalikin.

Lalu apa saja langkah yang harus dilakuin buat yang lulus dengan jalur kompre? Menurut gue, buat lo yang lulusnya lewat jalur kompre, lo cukup ikutin langkah 1,5,7,8,9,10 aja. 

Nah itu semua adalah langkah yang harus lo lakuin setelah lo selesai sidang sarjana. Tulisan ini gue buat berdasarkan pengalaman yang gue alamin sendiri. Semoga bermanfaat ya dan semangat buat ngurusnya :) 

- Komang Anom Budi Utama -

6 komentar:

{ Unknown } at: 6 Februari 2015 pukul 08.50 mengatakan...

y

{ Unknown } at: 5 Maret 2017 pukul 09.44 mengatakan...

Thx infonya gan

{ Unknown } at: 9 September 2017 pukul 10.47 mengatakan...

Terimakasih informasi ny

{ slvntm } at: 27 September 2017 pukul 13.56 mengatakan...

Kalo ada revisi judul, tapi udah lulus sidang, bisa melapor ke bagian mana ya? Thanks

{ Yohanes } at: 3 Februari 2020 pukul 14.14 mengatakan...

makasih bli sharingnya.

{ pendekarmuda } at: 17 Maret 2022 pukul 10.47 mengatakan...

"Thank you for nice information
Please visit our website unimuda and uhamka"

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review