Holiday In Bali, Part 2/4

Tanggal 20 Oktober 2014

Hari keberangkatan pun tiba. Menurut jadwal yang ada, pesawat gue berangkat jam 14.30 WIB. Nah tanggal gue berangkat ini sama dengan tanggal Pak Jokowi di lantik jadi Presiden. Untuk mencegah terjadinya hal yang tidak diinginkan kaya jalanan macet atau jalannya dialihkan yang mengakibatkan gue ketinggalan pesawat, maka gue berangkat agak pagian sekitar jam 09.00 WIB dari rumah. Dan you know what? Ternyata prediksi gue salah, jalanannya lenggang banget. Lo mau nari saman di jalanan itu juga ga masalah, orang sepi. Akhirnya gue sampe bandara jam 10.30 WIB. Jadilah gue kaya orang bego nunggu 4 jam sendirian.

Pas gue nunggu, gue mencium bau darah suci. Halah. Iya jadi pas gue masih diluar, gue ngeliat ada pemain GGS (film yang lagi booming itu) lagi di bandara juga. Gue ga tau namanya siapa, dan gue pikir dia mau liburan sama pacarnya karena gue liat mereka cuma berdua. Etapi, pas gue abis check in dan mau masuk boarding room itu antrinya panjang banget. Gue kira sistem di bandara lagi error atau gimana gitu, etaunya yang tadi gue liat 2 orang pemain GGS ternyata liburan begerombolan sama semua kru filmnya. Dan dia lagi ambil gambar buat bahan di acara gosip klo mereka mau liburan dan shooting di Bali.

Bapak-bapak, ibu-ibu, bule ada yang kesel. Karena mereka rada mengganggu. Gimana ga ganggu ya, coba lo pikirin gimana rasanya apabila lo sampe bandara dan itu udah finall call, yang mengharuskan lo lari ke boarding room buat buru-buru masuk ke pesawat biar ga ditinggal. Nah pas sampe di loket boarding room ternyata antriannya panjang. Gue yakin lo pada bakalan panik sampe rasanya lo mau pup saat itu juga. Trus ada juga bapak-bapak yang nyeletuk pas Riki Harun lagi selfie "Halah si riki harun bisanya nyari sensai aja". Gue cuma bisa diem sama ketawa dalam hati sambil nunggu antrian.

Pas gue udah bayar airport tax dan masuk boarding room, gue langsung nyari spot tempat duduk kosong karena cape abis antri tadi. Mereka para pemain GGS buat heboh lagi. Jadi ada ibu-ibu, pegawai bandara sama anak-anak SMA dari bengkulu yang mau studi tour dan udah daritadi didalem, langsung ngerubungin mereka buat minta foto bareng. Rasanya gue kaya lagi ngeliat emak-emak pada berbondong-bondong ngerubungin dan ngerebutin barang branded yang lagi diskon 70% di mall. Sumvek pake v.

Sebenernya disini naluri ke-ababilan sama ke-alayan gue mulai bergejolak pengen minta foto bareng juga sama Jesica Milla. Tapi karena gue malu, gue ga berani dan cuma ngambil foto candid sambil duduk. Gue dapet fotonya si bapaknya vampir. Karena gue inget kadang-kadang sama temen-temen klo lagi ngumpul suka ngomongin GGS dan niru gayanya yang suka geram geram pas lagi kesel, gue langsung kirim foto itu ke group gosip "Bajak Darat Topi Jearami". Gue mau pamer klo gue ketemu pemain GGS biar keliatan keren.

Gue kira gue bakalan satu pesawat sama mereka tapi ternyata engga. Mereka penerbangan jam 13.30 WIB. Tapi saat itu, penerbangan mereka diundur setengah jam jadi jam 14.00 WIB. Sumpah spesial sekali mereka pake telor sampe bikin penerbangan delay.

Akhirnya jam 14.30 WIB pun tiba, gue langsung siap-siap buat masuk pesawat. Pas gue masuk pesawat, gue ngeliat ada Mike Lewis di boarding room. Kayanya banyak banget artis yang mau berpergian saat itu. *Penting banget dibahas

Di dalem pesawat gue nyari bangku dimana gue harus duduk. Ternyata gue dapet duduk di pojok deket jendela. Sedih sih karena gue ga bakal bisa ngeliat pramugari cantik hilir mudik. Tapi gue langsung berdoa semoga yang duduk disebelah gue artis atau ga cewek cantik lah. Ga berapa lama kemudian, datenglah orang yang duduk disebelah gue. Ternyata disebelah gue itu bukan cewe apalagi artis, melainkan cowo bule dari Arab gitu. Dia cuma senyum, gue juga senyum. Gue ga lancar bahasa Inggris, dia juga sama. Jadilah di pesawat garing cuma bengong sampe bosen karena ga ada temen ngobrol. *Kemudian tertidur lelap

Sesampainya di Bali sekitar jam 16.00 WITA, gue merasa tenang karena gue pikir gue ga bakal ketemu lagi sama si GGS itu. Sampe di tempat pengambilan barang gue duduk buat nunggu di telpon ka Aria sambil nyium aroma terapi yang wanginya khas Bali banget. Pas gue liat kaca, di depan ada gerombolan rame gitu. Gue kira lagi nunggu kedatangan gue, sampe gue merasa terharu dan berpikir saking lamanya gue ga pulang ke Bali, sekalinya pulang sekarang sampe disambut meriah gini. 

Suasana Bandara Ngurah Rai 

Tapi pikiran gue ternyata salah ketika gue lagi liat Aliando lari di kawal petugas bandara buat nyari toilet. Sialan ternyata mereka bergerombolan di depan mau nyambut GGS bukan gue. *sedih

Sebelum keluar bandara, gue menyempatkan diri buat mengabadikan momen disini mumpung ada yang jemput sama fotoin haha. Fotonya bukan sama artis ggs ya tapi foto narsis sendiri sama foto suasana di bandara. Ini sedikit foto di bandara.









Setelah selesai foto-foto, gue langsung diajak ka Aria ke rumah mbak Uti. Rumahnya mbak Uti di daerah Kebo Iwa. Sampe disana kita duduk leyeh-leyeh sambil ngobrol. Eh taunya kita juga dibeliin makanan sama mbak Uti. Makanannya itu nasi goreng sama sayur gondo haha.

Q : Eh, sayur Gondo apaan sih?
A : Gatau gue, pokoknya intinya dia itu sejenis sayur dan disediain gratis. Karena gratis jadi wajib dimakan, lumayan buat isi perut karena daritadi belom makan. 
Q : Rasanya gimana?
A : Walaupun sebenernya pahit, tapi rasanya tetep enak kok karena gratis. 

Abis dari rumah mbak Uti, kita langsung pulang ke Tihingan buat istirahat karena besok bakal jalan-jalan lagi.


Tanggal 21 Oktober 2014

Hari ini  jadwal perjalanannya full dari pagi sampe malem, kira-kira rute paginya gini Tihingan - Amlapura - Tihingan buat ketemu nekloh sama pekak. Siapa sih Nekloh? Nekloh itu yang ngurusin gue waktu kecil, kaya antar jemput dari TK-SD trus nganterin klo main. Pokonya ngapain aja ditemenin deh hehehe. Sejak gue semester 3 neklohnya udah pindah ke Bali, sedih banget waktu nekloh pulang rasanya mau nangis. Tapi akhirnya hari ini bisa ketemu lagi. Dan gue sempet foto sama nekloh, ini dia. Taerererereteret Tadaaaaaa


Abis dari Amlapura kita balik lagi ke Tihingan, soalnya hari ini ada Odalan jadi harus sembahyang dulu. Setelah sembahyang sekitar jam 20.00 WITA kita melanjutkan perjalanan lagi dari Tihingan - Singaraja buat nginep di rumah Mba Ade. Perjalanan malam sangat mengasyikan kayak uji nyali, karena banyak kabut dan harus melewati hutan serta bukit yang sepi dan minim penerangan. Jadi perlu hati-hati, apalagi saat itu cuacanya lagi hujan. Kita baru sampe Singajara sekitar jam 22.00 WITA. Sampe rumah mba Ade kita udah disambut sama bakso babi. Asikkkk.


Tanggal 22 Oktober 2014

Hari ini rencananya kita ke Amlapura lagi buat ambil Dupa di tempatnya pekak trus balik lagi ke Tihingan. Sebelum pamit dari rumah mba Ade, gue sama ka Aria nyari makan dulu di sekitar Undhiksa (PTN Negeri di Singaraja). Gue memutuskan buat beli nasi campur. Dan kalian mau tau apa? Nasi campur disana harganya cuma 8rb udah lengkap sama daging ayam disisitin. Porsinya juga porsi kuli. Kalo gue kuliah disini sih mungkin gue udah makmur kali ya. Kenyang dapet, irit dapet. Gaperlu lagi dikasi sisihan setengah porsinya temen yang lagi diet. 

Abis makan, kita juga mampir beli siobaknya si mbok jegeg. Siobak itu isinya daging babi dikasi kerupuk juga. Enak deh pokoknya. Setelah makan siobak, kita langsung berangkat ke Amlapura. Gila dijalan pemandangannya itu indah. Karena masih banyak bukit dan pohon-pohon. Gue juga sempet jadi fotografer motoin pemandangan. Dari semua foto yang gue ambil hasilnya biasa aja. Ini hasil foto gue :













Setelah ngambil dupa dari rumahnya pekak di Amlapura, kita pun langsung balik ke Tihingan. Sempet berenti juga di pantai goa lawah, ngerenggangin pinggang karena capek perjalanan jauh. Oya, disini juga kita fotoin pemandangan. Tapi bedanya yang tadi gue jadi fotografer, disini gue jadi modelnya loh. Udah pemandangannya bagus modelnya juga komanganteng kan suatu perpaduan seni yang perfect B-)
















Tanggal 23 Oktober 2015

Hari ini gue uji nyali naik motor sendirian dari Tihingan ke Tampak Siring buat ketemu Iwa. Kenapa dibilang uji nyali? Karena ini pengalaman pertama gue nyetir motor di Bali. Udah pengalaman pertama sendirian pula. Fix Jomblo akut. 

Ada rasa takut sebenernya sendirian bawa motor, karena khawatir kena tilang polisi. Disini soalnya daerahnya tertib lalu lintas. Contohnya, kalo motor lo nyetuh garis putih zebra cross pas lampu merah, lo bakalan kena tilang. Di Jakarta gue sering bawa motor ngelewatin garis putih pas lagi lampu merah dan ga ditilang. Khawatir kan? Takutnya gue lupa, tabiat dari Jakarta itu kebawa trus gue ngelewatin garis putih sendirian dan jadilah santapan lezat pak Polisi. 

Untungnya dari pergi sampe pulang gue sama sekali ga melakukan satupun pelanggaran. Tapi pas pulang gue nyaris kecelakaan. Ceritanya begini, waktu itu gue lagi nyetir pake tangan satu, karena tangan satunya lagi benerin iketan helm yang lepas. Gue nyetirnya pelan dan di jalur yang benar. Kondisi jalanan waktu itu emang sepi. Di Bali emang selalu sepi sih, ada kendaraan tapi ga sepadet Jakarta. Karena sepi ini, motor atau mobil kadang suka nyalip mobil lain atau truk dengan ngambil jalur orang. Nah ini, kejadian banget. Gue yang lagi benerin helm tadi, kaget karena ada motor ngebut mau nyalip mobil trus ngambil jalur gue. Bagusnya gue sigap, langsung banting stang motor tangan dua sambil klakson tuh orang. Kalo engga, kondisinya paling gue bakalan liburan di rumah sakit, atau yang paling parah gue bakalan mati di jalan bareng dia. 


Tanggal 24 Oktober 2014

Tanggal 24 Oktober ini menurut orang Bali adalah tanggal baik untuk melakukan pernikahan. Setiap lewat jalanan pasti banyak penjor. Karena hari baik untuk pernikahan, pastinya hari ini aktivitas gue cuma kondangan. Jadi hari ini gue kondangan ke tempat bli Agus. Mba Ade sama bli Pande juga ke Tihingan buat kondangan. Di tempatnya bli Agus gue sempet mupeng dan mikir kapan gue nikah. Etapi gausah mikir kapan gue nikah dulu deh, pikirin dulu kapan punya pacar. *krik

Malam sebelum gue bakalan mulai untuk backpacker sendirian, gue ngobrol sama bli Pande di bale depan kamar. Obrolannya itu obrolan laki-laki. Bli Pande nanya gue, "Nom, yakin mau liburan sendiri besok? Berani? Ga Takut? Mending liburan di Singaraja aja jagain dek Kiya". Pertanyaan itu bikin gue bimbang. Ditambah lagi mba Ade dateng ngomporin "Iya udah di Singaraja aja, kemaren bli Pandenya dapet broadcast bbm. Jadi ada cewe korban perkosaan kena HIV. Dia ga terima dirinya kena HIV sendirian, dan nunggu orang dijalan nawarin berhubungan intim sampe orang itu ketularan HIV juga. Katanya cewe itu sekarang lagi di Karang Asem". 

Buset, ibaratnya dari Jakarta udah nyiapin mental, sampe Bali diceritain dan dikomporin begini malah jadi ciut. Tapi karena emang udah niat gue bilang berani ke bli Pande sama mba Ade dengan nada yakin padahal dalam hati masih terguncang ketakutan. 


Tanggal 25 Oktober 2015

Hari ini gue resmi memulai liburan menjadi seorang backpacker sendirian. 

Q : Kemana ka Aria? 
A : Dia hari ini balik lagi ke Jakarta.
Q : Trus kemana bli Pande dan Mba Ade?
A : Mereka balik ke Singaraja

Hari ini rencananya bli Pande sama mba Ade nganterin gue ke Kuta buat nyari si Losmen Arthawan itu berada. Abis itu baru nganterin ka Aria ke bandara. Nah karena si Losmen Arthawan ini ga bisa booking dan harus check in saat itu juga, kita semua sempet was-was bakalan dapet kamar atau engga buat gue. Udah was-was bakalan dapet kamar apa engga, pas ngecek gaji di ATM, layanannya gagal terus. Tambah was-was gue. Masa iya ga jadi liburan. 

Jadi gue punya tabungan di Bank DKI, dan duitnya bisa diambil di ATM yang ada logo bersamanya. Dari beberapa ATM yang ada logo bersamanya yang gue coba disini, semuanya nunjukin notifikasi layanan gagal terus. Selama di Jakarta gue ga pernah ngalamin masalah begini ketika gue ngambil duit di ATM bersama. Fix gue cemas. Untungnya ka Aria berbaik hati buat minjemin ATM nya selama gue di Bali, dengan catatan pas sampe Jakarta duitya dia dibalikin.

Akhirnya perjalanan dilanjutin lagi dengan kecemasan yang berkurang satu. Dan setelah nanya-nanya orang, ketemu tuh dimana si Losmen Arthawan berada. Gue sama ka Aria langsung turun buat check in, mba Ade dan bli Pande markir mobil deket pantai. 

Q : Kenapa ga markir depan losmen aja sih?
A : Pertanyaan bagus, tapi jawabannya ga mungkin. Lokasi si losmen ini adanya di dalam gang Popies 2. Jalanannya cuma muat untuk 1 mobil aja. Mobil cuma berenti buat nurunin gue aja udah diklakson, gimana mau parkir nungguin gue check in. Mungkin klo itu dilakuin, abis selese check in mobilnya sisa ban doang.

Akhirnya gue dapet kamar kosong setelah nanya penjaganya, karena kebetulan losmennya waktu itu emang lagi sepi. Hilanglah sudah semua rasa cemas yang timbul tadi. Selese check in gue sama ka Aria langsung ke parkiran pantai buat ngambil tas sama koper. Jalan dari gang popies ke pantai lumayan lah.. lumayan capek. Butuh waktu sekitar 10 menit. Abis gue ambil tas sama koper, gue akhirnya berpisah sama ka Aria, mba Ade sama bli Pande dan dek Kiya (dek Kiya daritadi ga diceritain soalnya lagi pules bobo). Dengan ini gue resmi mulai jadi backpacker dan balik lagi ke losmen bawa tas sama koper sendirian kaya abis di usir dari rumah.

1 komentar:

{ Kampus terkemuka } at: 12 Mei 2023 pukul 14.30 mengatakan...

Thanks for the article really helpful

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review