Holiday In Bali, Part 1/4

Kalo diliat dari screnshot itu, sewaktu masuk semester 8 gue pernah punya keinginan yaitu bisa pulang ke Bali dan foto bareng bule klo gue bisa lulus tahun ini. Bukan itu aja sih, gue juga berjanji klo gue bakalan muterin GBK sebanyak 5x. Berhubung gue udah lulus tanggal 25 September kemarin, yang juga pengalamannya udah gue ceritain disini Pengalaman Sidang Sarjana 25 September 2014 berarti gue harus menepati janji itu. Sampe tulisan ini dibuat gue baru bisa menepati janji gue buat pulang ke Bali. Yang muterin GBK sebanyak 5x belom gue laksanain karena sekarang lagi musim hujan hahaha *ngeles Tapi as soon as posible pasti bakal gue tepatin janji gue itu.

Nah di postingan ini gue bakalan menceritakan pengalaman gue selama pulang ke Bali untuk ketemu keluarga sambari liburan. Sebelum rencana ini terealisasi pasti kan gue harus merencanakan kapan gue berangkat sama kapan gue balik. Dan yang paling penting merencanakan anggaran selama gue nanti disana. Jangan sampe gue bisa berangkat trus tiba-tiba disana duitnya abis karena ngepas, malah gajadi liburan jadinya cuma pindah nonton tv doang di rumah Bali sampe nunggu tanggal balik ke Jakarta. Kan ga lucu.

Maka dari itu gue mesti melakukan perencanaan anggaran, salah satunya dengan survey ke beberapa situs penyedia jasa layanan tiket online buat nyari best price. Ketemu tuh best price saat itu pesawat Li*n A*r tanggal 20 & 29 Oktober sekitar jam 12.00 WIB/WITA masih IDR 525 buat sekali jalan. Tapi begonya gue, harga itu ga langsung gue deal-in saat itu juga. Pas gue coba buka lagi besoknya ternyata harganya udah berubah jadi IDR 630 buat sekali jalan. *Pedih. Gue nunggu sekitar 2 hari buat nungguin harga itu balik ke semula tapi ga turun-turun. Ibaratnya sih kaya lo lagi nungguin jawaban dari gebetan lo tapi ga dia respon sama sekali. Karena gue takut harganya naik lagi dan mumpung harganya juga masih sama, jadilah gue deal dengan harga IDR 630. IDR 630 itu belom sama tetek bengek yang lain ya kaya Damri sama Airport tax.

Fyi aja sih, Airport tax di Soekarno Hatta itu IDR 40 sama Damri IDR 35. Sedangkan Airport tax di Ngurah Rai IDR 75.

Gue berangkat ke Bali tanggal 20 Oktober dan pulang tanggal 29 Oktober. Dengan rencana dari tanggal 20-25 Oktober itu gue wisata berkunjung ke rumah keluarga dulu. Nah mulai tanggal 26-29 Oktober, baru gue mulai jadi backpacker buat menjelajah beberapa daerah di Bali. Karena mau jadi backpacker, gue searching-searching dulu tuh losmen yang murah di bali dimana sebagai senjata gue ketika gue udah sampe Bali ga buta-buta amat mau dimana tinggalnya. Ya namanya anak baru lulus ya duitnya juga pure hasil nabung gajian Lab jadinya cuma bisa nginep di losmen bukan di Hotel mewah. Lagian kan gue juga cuma numpang tidur doang karena aktivitasnya full jalan-jalan. Berdasarkan review yang ada di Internet, banyak yang nyaranin buat nginep di Losmen Arthawan. Losmen ini katanya banyak dikunjungin sama turis lokal maupun asing dan rate per malamnya sekitar IDR 75. Karena harganya juga sesuai dengan budget, jadilah gue memutuskan Losmen Arthawan ini sebagai calon tempat menginap gue selama liburan nanti.

Oya gue pulang dan liburan di Bali nanti sendiri loh, tapi di Bali juga ada kakak gue sih. Dia udah pulang duluan 2 hari sebelum gue berangkat. Jadi lumayan pengiritan juga liburan nanti, 5 hari hidup gue masih ditanggung kakak gue, kaya makan sama bensin nebeng. Trus gue sampe Bali juga ada yang jemput huahahaha *ketawalicik Sebenernya gue bisa aja sih ga liburan sendiri, soalnya gue udah ngajakin temen-temen gue. Awalnya sih pada semangat tapi pas udah pada lulus jadi pada males-malesan. Yaudah karena emang udah niat, walaupun mesti sendiri gpp kan udah gede juga ya, trus kaya ada tantangannya gitu hahaha