Pengalaman Sidang Sarjana 25 September 2014

Hey udah lama ya rasanya ga ngeblog buat ngoceh pengalaman pribadi, karena biasanya kemaren-kemaren postingannya itu kebanyakan tugas semasa kuliah dulu (cielah semasa kuliah, belagu banget mentang-mentang baru dikepret jadi sarjana). Oya, jadi tanggal 25 September kemarin gue baru lulus S1 loh teman-teman. Rasanya seneng banget bisa lulus. Akhirnya ilmu yang dipelajari dari umur 3 tahun sampe umur 22 tahun membuahkan gelar dibelakang nama, ya Komang Anom Budi Utama, SKom.

Sebenernya sih bisa dibilang gue kemaren lulus itu dapet double degree, yang satu SKom yang satu lagi SJom (yang ini ga di publish namun gue tetep bangga). Ada beberapa alasan gue bangga bisa dapet gelar SJom, (1) perjalanan mendapat gelar SJom itu lebih lama daripada SKom. Klo SKom didapet selama 4 tahun, klo SJom dari lahir sampe kelar kuliah. (2) Gak semua orang bisa dapet gelar SJom, jadi beruntunglah kalian yang bisa menjadi Sarjana Elit ini. (3) Butuh kesabaran ekstra untuk bisa bertahan selama proses menuntut gelar SJom.

Hah apasih sudahlah bertele-telenya, jadi yang gue mau ceritain itu pengalaman pas gue sidang Sarjana kemarin. Sangat butuh perjuangan sekali buat sidang ini. Banyak desas desus klo pendaftaran sidang tanggal 30 September itu terakhir, dan dibuka lagi pertengahan Oktober dan bakalan kena bayar semesteran lagi. Trus ada yang bilang lagi tanggal 25 September keatas udah abis kuotanya. Karena panik dan ga mau kena bayar semesteran lagi, akhirnya gue ngebut nyelesein skripsi gue pake NOS dan langsung daftar sidang. Yang tadinya masih santai-santai nongkrong ga jelas sama udah janji mau sidang barengan anak-anak malah jadi gue daftar duluan karena gue takut bayar kuliah lagi (asas ga mau rugi). Gue putusin buat daftar sidang tanggal 22 September. Dan kalian tau kapan gue dapet tanggal sidang? Yak tanggal 25 September. Betapa bejatnya mulut orang yang menyebar isu tanggal sidang 25 keatas udah penuh. Padahal kenyataannya tanggal 25 itu masih kosong, dan tanggal keatasnya belom dibuka pendaftarannya. Akhirnya gue cuma butuh waktu 3 hari buat nyiapin semuanya. Bikin 3 fotocopy skripsi, ppt dan video prototype aplikasi.

Saking sibuknya nyiapin itu semua, gue sampe lupa buat nyiapin hal yang sepele. Hal sepele itu adalah baju kemeja putih lengan panjang. Pas hari H gue kebingungan nyari dimana kemeja putih itu. Gue cari dilemari ga ada. Udah mau nangis rasanya, dikasi solusi pas berangkat mampir dulu ke pasar Blok A buat beli yang baru, tapi masa iya pake mampir dulu, sedangkan gue ga tau tempat sidangnya jadi butuh nyiapin banyak waktu buat nyari gedungnya lagi. Akhirnya ka Aria turun tangan buat bantuin nyari bajunya di lemari. Eng ing eng ternyata bajunya ketelingsut dan gue ga teliti nyarinya, mungkin karena panik sama nervous kali ya. Habislah gue kena disindir. 

Gue berangkat dari rumah akhirnya jam setengah 7 naik trans jakarta. Dari hasil googling, klo mau naik trans jakarta gue mesti transit di harmoni trus nyari yang ke PGC nanti turun di halte salemba. Itu sih teorinya, prakteknya mah ga gitu. Pas sampe harmoni itu ngantrinya panjang banget trus jalanannya macet sampe sekitaran lampu merah. Gue akhirnya berubah pikiran, gue keluar dari halte harmoni trus jalan sampe lampu merah dan langsung stop taxi karena panik takut telat. Yang awalnya mau irit naik trans jakarta, malah jadi boros naik taxi bayar 30rb. :'(

Sampe di kampus kenari jam 8.30, karena belom sarapan gue sempetin mampir alfamart depan pembuangan sampah buat beli roti sama susu. Setelah itu gue langsung buru-buru masuk naik ke lantai 2 buat brifing. Pas brifing dijelasin apa aja tahapan pas sidang sama setelah sidang ngapain. Abis itu kita nyerahin berkas form sidang, ktp sama fotocoy ijazah trus dibagiin kartu sidang dan langsung disuru ketempat sidang sesuai dengan yang dibacain ruangannya.

Pas sampe depan ruangan sidang, gue nulis nama gue. Nama gue ada di point 6. Eh ga lama kemudian malah nama gue dipanggil pertama. KZL. Dengan rasa gugup gue masuk ruangan. Pengujinya itu kan harusnya pak Asep, pak Beny sama bu Hurna. Tapi pas masuk ruangan pengujinya bukan mereka dan DP gue pak Asep ga dateng. Pedih. Pak Asep ternyata lagi ada kerjaan ke luar negeri huhuhu jadi single fighter. Waktu masuk ruangan baru ada 2 penguji. 1 cewek 1 cowok. Gue ga tau tuh namanya siapa. Ga kenal hahaa. Pas gue mulai pak Beni dateng, penguji yang dua tadi malah jadi ngobrol bertiga. Trus pak beny dateng-dateng ternyata juga mesen sate, udah berasa nonton tv, makan sambil ngeliatin gue presentasi. Oh ya gue juga dihujanin pertanyaan sama dua penguji itu, tapi dengan gaya cool gue mampu jawab pertanyaan mereka.

Nah pas bagian pak Beny nih, gue dicecer jadi bulan-bulanan. Beliau 3x nanya dengan nada suara yang mengintimidasi. Ini nih pertanyaannya :

(1) A : Kamu tadi bahas toolsnya pake JAD ya, kamu jelasin ga JAD itu apa dimana kamu jelasinnya?
 -Jreng panik- 
B : Itu pak ada di Bab I yang bagian metode penelitian. 
A : Oh, Ok

(2) A : Kamu kok rancangannya dari output, input baru proses. Ngasal banget ini, harusnya proses dulu. Darimana kamu dapet teori gitu? 
-Jreng tambah panik- 
B : Um, saya waktu itu dapet dari dosen pak dia bilangnya urutannya gitu. 
A : Siapa dosennya HAH (nada marah gretak)?
B : *Gue diem sejenak (ga mau nyebut nama dosen, karena gue tau gue ga boleh nyeret nama dosen)* Waktu itu saya ikut USB pak, trus ada coaching clinicnya diajariinya urutanya juga gitu pak. Kita rancang dulu outputnya, nah dari situlah kita tau inputan apa aja yang kita butuhin pak. Trus baru dirancang deh proses buat dapetin itu semua gimana. Trus saya juga pernah baca jurnal, kaya gitu juga pak.
B : Apa judul jurnalnya?
A : Lupa pak 
B : yaudah, Ok lah

(3) A : Ini kamu pake UML kan? Trus ada use casenya. Nah untuk bikin fungsi ini kodingannya yang mana. Kaya buat bikin info beasiswa ini. Mana nih kodingannya?
B : Ada kok pak di skripsinya.
A : Iya saya tau, coba tunjukin. Halaman berapa!
B : *Mencium bau-bau bakal kena semprot (Gue cuma megang coret-coretan bekas revisian yang dijilid mirip skripsi yang dikasi ke pengujinya dan halamannya ga sama kaya yang punya pak Beny). *Daripada diem gue nyebut halaman yang di skripsi yang gue pegang.
A : Mana? Yang mana sih?!!
B : Itu pak ada kok.
A : yaudah kamu sini tunjukin.
B : *Maju kedepan nunjukin
A : Oh gitu, nah klo kodingan bikin input beritanya yang mana?
B : *Aduh mati, kodingannya juga ga gue masukin semuanya ke lampiran. *akhirnya ngasal nunjuk kodingan program yang mirip sambil jelasin
A : Bukan yang itu kan! Ini kamu sebenernya bikin sendiri atau dibikinin sih!
B : *mau nangis *guling-guling di lantai. Bikin sendiri pak, tapi kodingannya ga saya masukin semuanya ke lampiran biar irit kertas
A : HAHAHAHA yaudah gpp, saya cuma ngetes aja kok, kamu ini bikin sendiri apa dibuatin. Harusnya kamu daritadi bilang aja kaya gitu.
B : Ikut ketawa tapi dalem hati panik. *muka cool campur pucet

Setelah hampir 1 jam gue didalem ruangan sidang, akhirnya gue keluar dengan muka lega karena tinggal nunggu pengumumannya. Pas jam 2 diumumin tuh kita lulus, lulus bersyarat atau tidak lulus. Dan gue akhirnya mendapat hasil "LULUS" yeah pasang muka terharu. Abis itu gue langsung foto-foto deh mengabadikan momen sama temen-temen.







0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review