Holiday to Singapore - Malaysia Part 1

Halo semuanya, gila ya setelah sekian lama ga ngeblog rasanya gatel pengen ngeblog lagi! Kayanya kurang lebih sekitar 1 tahunan setelah lulus S1 ga pernah ngeblog, karena disibukan dengan berbagai aktivitas (ciyeelah sok sibuk luh!). FYI, setelah lulus S1 karena udah beberapa kali apply job tapi lama yang manggil, akhirnya iseng nyoba apply beasiswa S2 fasttrack di kampus. Eh malah keterima. Nah syarat beasiswa ini paginya harus ngajar dan malamnya kuliah. Jadi inilah alasannya kenapa jarang ngeblog. Yak intinya susah bagi waktu buat nulis, karena nulis itukan butuh yang namanya inspirasi, udah butuh inspirasi ditambah energi yang udah kekuras buat ngejalanin aktivitas dari pagi ke malem, sampe rumah ya langsung leyeh-leyeh manja buat ngilangin cape. Eh ujung-ujungnya malah ketiduran sampe pagi. Begitu terus kegiatannya tiap hari.


Ok gausah pake tetek bengek, langsung ke intronya: Ceritanya gua pernah bikin harapan kalo lulus S1 pengen ngiterin 1 pulau Bali sendirian, dan harapan gua itu terkabul dan bisa gua laksanain dan juga udah gua ceritain di blog sebelumnya (even nyeritainnya setengah doang ga sampe selese hahaha~). Nah kemaren gua iseng lagi bikin harapan kalo lulus S2 ini gua pengen jalan-jalan ke luar negeri. Dan puji Tuhan, di tanggal 13 Oktober kemaren gua berhasil meraih gelar master dan tanggal 1 November gua bisa merealisasikan harapan gua ini. 

Sebelum harapan itu terealisasi, pasti dibuat dulu dong rencananya kalo udah disana mau kemana aja, trus ngapain aja. Jangan sampe udah sampe sana gatau arah juntrungannya mau ngapain. Istilah kerennya sih sebelum kesana gua buat itinerary-nya dulu. Tapi yang paling penting sebelum buat itinerary-nya itu, gua mesti buat yang namanya paspor. Yak paspor, sebuah buku kecil yang bisa buat kita masuk ke negara orang. Biaya untuk buat paspor ini ya lumayan mahal. Karena gua bikinnya yang 48 halaman, which is harganya 305 rb, jadi gua dari jauh-jauh hari harus menyisihkan duit jajan buat ditabungin. Waktu itu gua bikin paspornya di kantor imigrasi Depok. Gampang kok proses pembuatannya, nih gua jabarin:
  1. Daftar online dulu di ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml. 
  2. Pilih lokasi kantor imigrasi yang pengen kita datengin, jumlah halaman paspor mau 24 atau 48 (setau gua klo online itu bisanya milih yang 48 halaman, harganya 300 rb) sama isi data-data diri, 
  3. Nanti dapat email tagihan pembuatan paspor yang mesti dibayar di bank BNI.
  4. Bayar ke bank BNI, bisa lewat ATM bisa juga lewat teller. Yang jelas kedua cara ini nanti kena biaya admin 5 rb.
  5. Setelah bayar nanti dapet kode validasi yang harus kita input ke webnya lagi. 
  6. Abis input kode validasi, nanti kita tentuin kapan kita mau datang ke kantornya buat wawancara.
  7. Datang kekantornya sesuai dengan jadwal yang udah kita buat. Kalo di kantor imigrasi depok, kita harus datang sebelum jam 10 pagi buat ngambil no antrian, Jadi kalo lewat dari jam 10 kita gagal buat wawancara di hari itu dan datang lagi di hari selanjutnya.
  8. Jangan lupa, pas datang kesana bawa persyaratan yang diminta kaya fotocopy KTP, KK, Ijazah Sekolah yang ada nama kita dan nama orang tua,
  9. Setelah ambil no antrian, kita tunggu dipanggil untuk pengecekan administrasi.
  10. Kalo pengecekan administrasinya lolos, kita nanti dikasi no antrian buat wawancara sama map dan form yang harus diisi. Kalo ada persyaratan yang ga terpenuhi, kita disuru ngelengkapin dulu. Misalkan di hari itu kita ga bisa memenuhi syaratnya, nanti disuru datang lagi keesokan harinya.
  11. Kalo syarat administrasi kita udah lengkap, kita tunggu lagi sampe dipanggil.
  12. Kalo sudah dipanggil kita masuk kedalam ruangan untuk proses wawancara. Nanti ditanyain data-datanya udah bener atau engga sama ditanyain juga alasan kita bikin paspor itu buat apa.
  13. Setelah wawancara, 3 hari setelahnya paspornya udah bisa diambil. 
  14. Pas ngambil paspor, jangan lupa bawa bukti pembayaran paspornya.
  15. Tadaaaaaa paspor sudah bisa kita gunakan! Selamat searching tiket pesawat murah! 

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review