Yang dimaksud dengan manager
adalah orang atau seseorang yang harus mampu membuat orang-orang dalam
organisasi yang berbagai karakteristik, latar belakang budaya, akan tetapi
memiliki ciri yang sesuai dengan tujuan (goals)
dan teknologi (technology).
Dan tugas seorang manager
adalah bagaimana mengintegrasikan berbagai macam variabel (karakteristik,
budaya, pendidikan dan lain sebagainya) kedalam suatu tujuan organisasi yang
sama dengan cara melakukan mekanisme penyesuaian.
Adapun mekanisme yang diperlukan untuk menyatukan variabel diatas adalah
sebagai berikut:
- Pengarahan (direction) yang mencakup pembuatan keputusan, kebijaksanaan, supervisi, dan lain-lain.
- Rancangan organisasi dan pekerjaan.
- Seleksi, pelatihan, penilaian, dan pengembangan.
- Sistem komunikasi dan pengendalian.
- Sistem reward.
Hal tersebut memang tidak
mengherankan karena posisi Manajer Proyek memegang peranan kritis dalam
keberhasilan sebuah proyek terutama di bidang teknologi informasi. Berikut ini
kualifikasi teknis maupun nonteknis yang harus dipenuhi seorang Manajer Proyek yang
saya sarikan dari IT Project Management Handbook.
Setidaknya ada 3 (tiga)
karakteristik yang dapat digunakan untuk mengukur tingkat kualifikasi seseorang
untuk menjadi Manajer Proyek yaitu:
- Karakter Pribadinya
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Proyek yang Dikelola
- Karakteristik Kemampuan Terkait dengan Tim yang Dipimpin
- Memiliki pemahaman yang
menyeluruh mengenai teknis pekerjaan dari proyek yang dikelola olehnya.
- Mampu bertindak sebagai
seorang pengambil keputusan yang handal dan bertanggung jawab.
- Memiliki integritas diri
yang baik namun tetap mampu menghadirkan suasana yang mendukung di
lingkungan tempat dia bekerja.
- Asertif
- Memiliki pengalaman dan
keahlian yang memadai dalam mengelola waktu dan manusia.
Karakteristik Kemampuan
Terkait dengan Proyek yang Dikelola
- Memiliki komitmen yang
kuat dalam meraih tujuan dan keberhasilan proyek dalam jadwal, anggaran
dan prosedur yang dibuat.
- Pelaksanakan seluruh
proses pengembangan proyek IT sesuai dengan anggaran dan waktu yang dapat
memuaskan para pengguna/klien.
- Pernah terlibat dalam
proyek yang sejenis.
- Mampu mengendalikan
hasil-hasil proyek dengan melakukan pengukuran dan evaluasi kinerja yang
disesuaikan dengan standar dan tujuan yang ingin dicapai dari proyek yang
dilaksanakan.
- Membuat dan melakukan
rencana darurat untuk mengantisipasi hal-hal maupun masalah tak terduga.
- Membuat dan menerapkan
keputusan terkait dengan perencanaan.
- Memiliki kemauan untuk
mendefinisikan ulang tujuan, tanggung jawab dan jadwal selama hal tersebut
ditujukan untuk mengembalikan arah tujuan dari pelaksanaan proyek jika
terjadi jadwal maupun anggaran yang meleset.
- Membangun dan menyesuaikan
kegiatan dengan prioritas yang ada serta tenggat waktu yang ditentukan
sebelumnya.
- Memiliki kematangan yang
tinggi dalam perencanaan yang baik dalam upaya mengurangi tekanan dan
stres sehingga dapat meningkatkan produktifitas kerja tim.
- Mampu membuat perencanaan
dalam jangka panjang dan jangka pendek.
Karakteristik Kemampuan
Terkait dengan Tim yang Dipimpin
- Memiliki kemampuan dan
keahlian berkomunikasi serta manajerial.
- Mampu menyusun rencana,
mengorganisasi, memimpin, memotivasi serta mendelegasikan tugas secara
bertanggung jawab kepada setiap anggota tim.
- Menghormati para anggota
tim kerjanya serta mendapat kepercayaan dan penghormatan dari mereka.
- Berbagi sukses dengan
seluruh anggota tim.
- Mampu menempatkan orang
yang tepat di posisi yang sesuai.
- Memberikan apresiasi yang
baik kepada para anggota tim yang bekerja dengan baik.
- Mampu mempengaruhi
pihak-pihak lain yang terkait dengan proyek yang dipimpinnya untuk
menerima pendapat-pendapatnya serta melaksanakan rencana-rencana yang
disusunnya.
- Mendelegasikan tugas-tugas
namun tetap melakukan pengendalian melekat.
- Memiliki kepercayaan yang
tinggi kepada para profesional terlatih untuk menerima pekerjaan-pekerjaan
yang didelegasikan darinya.
- Menjadikan dirinya sebagai
bagian yang terintegrasi dengan tim yang dipimpinnya.
- Mampu membangun
kedisiplinan secara struktural.
- Mampu mengidentifikasi
kelebihan-kelebihan dari masing-masing anggota tim serta memanfaatkannya
sebagai kekuatan individual.
- Mendayagunakan setiap
elemen pekerjaan untuk menstimulasi rasa hormat dari para personil yang
terlibat dan mengembangkan sisi profesionalisme mereka.
- Menyediakan sedikit waktu
untuk menerima setiap ide yang dapat meningkatkan kematangan serta
pengembangan dirinya.
- Selalu terbuka atas
hal-hal yang mendorong kemajuan.
- Memahami secara menyeluruh para anggota tim yang dipimpinnya dan mengembangkan komunikasi efektif di dalamnya.
http://www.setiabudi.name/archives/990 [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
http://belajarmanagement.wordpress.com/2009/03/23/pengertian-dan-tugas-manager/ [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
http://saiiamilla.wordpress.com/2011/05/13/kriteria-manager-proyek-yang-baik/ [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
http://saiiamilla.wordpress.com/2011/05/13/kriteria-manager-proyek-yang-baik/ [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
0 komentar:
Posting Komentar