COCOMO merupakan singkatan dari Constructive
Cost Model yaitu algortima model estimasi biaya perangkat lunak yang
dikembangkan dan diterbitkan oleh Barry Boehm. Cocomo merupakan sebuah
model model untuk memperkirakan usaha, biaya dan jadwal untuk
proyek-proyek perangkat lunak.
COCOMO merupakan model terbuka sehingga semua
detail dapat dipublikasi, termasuk :
- Dasar persamaan perkiraan biaya
- Setiap asumsi yang dibuat dalam model
- Setiap definisi
- Biaya yang disertakan dalam perkiraan dinyatakan secara eksplisit
Jenis-jenis COCOMO :
- Basic (COCOMO I 1981)
Menghitung dari estimasi jumlah LOC (Lines of
Code). Pengenalan Cocomo ini diawali tahun 70-an akhir. Sang pelopor Boehm, melakukan
riset dengan mengambil kasus dari 63 proyek perangkat lunak untuk membuat model
matematisnya. Model dasar dari model ini adalah sebuah persamaan sebagai
barikut :
effort = C * size^M
Ket:
effort : adalah usaha yang dibutuhkan selama proyek,
diukur dalam person-months;
c
dan M : adalah
konstanta-konstanta yang dihasilkan dalam riset Boehm dan tergantung pada
penggolongan besarnya proyek perangkat lunak;
size : adalah estimasi jumlah baris kode yang
dibutuhkan untuk implementasi, dalam satuan KLOC (kilo lines of code)
Ukuran program dinyatakan dalam KLOC.
Model Cocomo dapat diaplikasikan dalam tiga tingakatan kelas yaitu :
- Proyek Organic (Organic Mode) adalah proyek dengan ukuran relatif kecil, dengan anggota team yang sudah berpengalaman dan mampu bekerja pada permintaan yang relatif fleksibel.
- Proyek Sedang (Semi-Detached Mode) merupakan proyek yang memiliki ukuran dan tingkat kerumitan yang sedang, dan tiap anggota tim memiliki tingkat keahlian yang berbeda.
- Proyek Terintegrasi (Embedded Mode), Proyek yang dibangun dengan spesifikasi dan operasi yang ketat.
Model COCOMO dasar ditunjukkan dalam persamaan
1, 2, dan 3 berikut ini:
E : besarnya usaha (orang-bulan)
D : lama waktu pengerjaan (bulan)
KLOC : estimasi
jumlah baris kode (ribuan)
P : jumlah orang yang
diperlukan
- COCOMO Menengah (Intermediet COCOMO)
Intermediate COCOMO menghitung usaha pengembangan perangkat lunak
sebagai fungsi ukuran program dan sekumpulan “cost drivers” yang mencakup
penilaian subjektif produk, perangkat keras, personil dan atribut proyek.
Ekstensi ini mempertimbangkan satu set empat “cost drivers”, masing-masing
dengan sejumlah atribut anak:
- Atribut produk (product attributes)
- Perangkat lunak yang disyaratkan reliabilitas (RELY)
- Ukuran database aplikasi (DATA)
- Kompleksitas produk (CPLX)
- Hardware atribut (computer attibutes)
- Run-time kinerja kendala (TIME)
- Memori kendala (STOR)
- Volatilitas lingkungan mesin virtual (VIRT)
- Diperlukan waktu pembalikan haluan (TURN)
- Personil atribut (personnel attributes)
- Analis kemampuan (ACAP)
- Kemampuan rekayasa perangkat lunak (PCAP)
- Aplikasi pengalaman (AEXP)
- Mesin virtual pengalaman (VEXP)
- Bahasa pemrograman pengalaman (LEXP)
- Proyek atribut
- Penggunaan perangkat lunak (MODP)
- Penerapan metode rekayasa perangkat lunak (TOOL)
- Diperlukan jadwal pengembangan (SCED)
Pada COCOMO detail, upaya dihitung sebagai fungsi dari ukuran program dan satu set driver biaya yang diberikan sesuai dengan tiap tahap siklus hidup rekayasa perangkat lunak. Fase yang digunakan dalam COCOMO detail, perencanaan kebutuhan dan perancangan perangkat lunak, perancangan detil, kode dan menguji unit, dan pengujian integrasi
Referensi :
http://pu2tgoclo.blogspot.com/2011/04/apa-itu-cocomo-dan-apa-saja-jenis.html [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
http://raveshader.blogspot.com/2011/04/constructive-cost-model-cocomo.html [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
http://raveshader.blogspot.com/2011/04/constructive-cost-model-cocomo.html [Tanggal Akses : 5 Mei 2014]
0 komentar:
Posting Komentar