Contoh Proposal

PROPOSAL KEGIATAN
DISKUSI KEAGAMAAN


A.  DASAR PEMIKIRAN

Sejak jaman dahulu kala umat Hindu menghormati hari-hari keagamaan sebagai perayaan yang dipersembahkan kepada Sang Hyang Widhi Wasa (Tuhan). Persembahan yang dibuat tidak lepas dari sistem upacara. Sistem upacara ini melambangkan dan melaksanakan konsep yang terkandung dalam sradha umat Hindu. Begitu juga dengan perayaan Nyepi, berdasar  Lontar Sundarigama dan Sanghyang Aji Swamandala,   bahwa perayaan tahun baru  Śaka  dirayakan dengan Hari Raya Nyepi, yang jatuh   pada setiap penanggal apisan (tanggal satu) sasih Kedasa. Menurut perhitungan tahun masehi  Hari Raya Nyepi biasanya jatuh pada bulan Maret atau awal bulan April setiap tahunnya. Rangkaian Perayaan Hari Raya Nyepi, diawali dengan upacara Melasti kemudian upacara Tawur Kesanga, dilanjutkan dengan Bratha Penyepian, Ngembak Geni  dan diakhiri dengan Dharma Santi.

Berdasarkan pemikiran tersebut, kami sebagai wadah kegiatan mahasiswa Hindu di Universitas Gunadarma berharap dapat membuat sebuah acara untuk memperingati Hari Raya Nyepi yakni mengadakan diskusi keagamaan dengan tema “Nyepi Masa Lalu & Masa Kini”. Diskusi ini diharapkan dapat menambah wawasan para mahasiswa Hindu khususnya mahasiswa Hindu Gunadarma mengenai makna dibalik perayaan Nyepi.

B. MAKSUD DAN TUJUAN

Adapun maksud dan tujuan dari kegiatan diskusi keagamaan ini adalah sebagai berikut :
  1. Memaknai Hari Raya Nyepi Tahun  Śaka 1933 (tahun 2011 M).
  2. Mempererat tali persaudaraan antar mahasiswa hindu universitas gunadarma dan juga dengan unit kegiatan mahasiswa hindu universitas lain.
C.  WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan diskusi keagamaan ini akan dilaksanakan pada :
     
    Hari/Tanggal    :  Minggu, 1 April 2012
Waktu             :  10.00 - selesai
Tempat           :  Pura Prajapati Purna Pralina
                        Komplek Brimob Akses UI Kelapa Dua 
      
D.  PESERTA

Kuota peserta kegiatan ini dibatasi yaitu 60 peserta dari anggota Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu Universitas Gunadarma dan tamu undangan dari Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu kampus lain.

E.  PANITIA (TERLAMPIR)

Kegiatan dilaksanakan oleh Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu Universitas Gunadarma dengan susunan panitia terlampir pada lampiran 1.

F.   JADWAL KERJA (TERLAMPIR)

Jadwal kerja panitia secara lengkap mulai dari persiapan (rapat, pembuatan proposal PPSPPT dan publikasi) sampai dengan penyampian LPJ terlampir pada lampiran 2.

G.  AGENDA KEGIATAN

Kegiatan diskusi keagamaan ini baru diadakan tahun ini dan rencananya akan diadakan secara rutin setiap tahun untuk memperingati Hari Raya Nyepi. Dimana penyelenggara utamanya adalah Unit Kegiatan Mahasiswa Hindu Universitas Gunadarma.

Inti dari kegiatan diskusi keagamaan ini adalah untuk menambah wawasan para mahasiswa Hindu khususnya mahasiswa Hindu Gunadarma mengenai makna dibalik perayaan Nyepi.

H.  ANGGARAN (TERLAMPIR)

Perincian anggaran dari kegiatan diskusi keagamaan ini secara jelas terlampir pada lampiran 4, yang nantinya kami mengharapkan bantuan dari pihak Universitas Gunadarma.

I.     PENUTUP

Demikian Proposal kegiatan diskusi keagamaan ini kami buat, kami sangat mengharapkan dukungan dan partisipasi dari semua pihak demi terselenggaranya kegiatan diskusi keagamaan ini.

                                               
Hormat Kami,
Ketua Panitia                                              Ketua UKMHG


 

I Made Wangsa Parisudha                           I Wayan Surya Adi Sanjaya
  (23411422 / 1IC02)                                     (53410350 / 2IA03)
                                                       

Menyetuji,
Purek III Universitas Gunadarma




 Irwan Bastian, Skom, MMSI

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review