Aplikasi Interaktif Untuk Penyandang Diskalkulia

Diskalkulia dikenal juga dengan istilah "math difficulty"  merupakan gangguan yang menyangkut pada kemampuan kalkulasi secara matematisKebanyakan terdeteksi ketika berada di kelas 2 dan 3 SD (6-8 th). Ciri-ciri diskalkulia diantaranya sulit melakukan hitungan matematis, sulit melakukan proses-proses matematis, terkadang mengalami disorientasi waktu dan arah, mengalami hambatan dalam menggunakan konsep abstrak tentang waktu. 

Faktor penyebabnya yaitu kelemahan pada proses penglihatan atau visual, bermasalah dalam hal mengurut informasi dan fobia matematika. Cara penanggulangganya yaitu memvisualisasikan konsep matematis yang sulit dimengerti, menyuarakan konsep matematis yang sulit dimengerti dan minta si anak mendengarkan secara cermat dan menuangkan konsep matematis ataupun angka-angka secara tertulis di atas kertas.

Berdasarkan penjelasan-penjelasan tadi saya, fildzah, muti dan eka yang tergabung dalam kelompok 4 membuat sebuah aplikasi pembelajaran interaktif untuk membantu para penyandang diskalkulia sebagai tugas besar matakuliah Interaksi Manusia Komputer. Aplikasi ini kami beri nama GOTIK (Jago Matematika) dan dikerjakan selama 1 1/2  bulan. Postingan ini untuk menampilkan hasil akhir aplikasi dari protoype yang pernah diposting sebelumnya. Untuk melihat lengkap aplikasi ini bisa didownload Disini

Berikut ini adalah screenshot design kotak dan cover cd dari aplikasi yang kami buat :

Tampilan Design Kotak CD


Tampilan Design Cover CD

nb : Terima kasih Fildzah, Muti, Eka untuk kerjasamanya 1 1/2 bulan ini :) 

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review