Apa itu Telematika?

Hey, apa kalian pernah dengar siapa itu Roy Suryo? Iya Roy Suryo yang sekarang jadi Mentri Olahraga itu loh.. Pasti tau kan? Nah, tau ga sih sebelum jadi menteri beliau sering tuh wara-wiri di Infotainment buat dimintain tanggapannya kalo ada isu foto atau video ga senonoh yang menimpa para artis ibukota. Kenapa minta tolongnya ke Roy Suryo? Karena Roy Suryo itu adalah seorang pakar Telematika. Jadi dia dianggap mampu untuk mendeteksi informasi yang ada di foto atau videonya asli atau rekayasa. 

Yang jadi pertanyaannya, sebenarnya apasih itu Telematika? Apa Telematika itu maksudnya menganalisis foto atau video untuk ditentukan keasliannya? Biar jelasnya mari kita cari tahu apa itu Telematika.

Apa itu Telematika?

Telematika itu adalah singkatan dari Telekomunikasi Informatika yang merupakan perpaduan konsep komputer dan komunikasi. Istilah telematika juga dikenal sebagai "the new hybrid technology" karena lahir dari perkembangan teknologi digital. Istilah telematika sering dipakai untuk beberapa macam bidang, sebagai contoh adalah :
  • Integrasi antara sistem telekomunikasi dan informatika yang dikenal sebagai Teknologi Komunikasi dan Informatika atau ICT (Information and Communications Technology). Secara lebih spesifik, ICT merupakan ilmu yang berkaitan dengan pengiriman, penerimaan dan penyimpanan informasi dengan menggunakan peralatan telekomunikasi.
  • Secara umum, istilah telematika dipakai juga untuk teknologi Sistem Navigasi/Penempatan Global atau GPS (Global Positioning System) sebagai bagian integral dari komputer dan teknologi komunikasi berpindah (mobile communication technology).
  • Secara lebih spesifik, istilah telematika dipakai untuk bidang kendaraan dan lalulintas (road vehicles dan vehicle telematics).
Bagaimana perkembangan Telematika di Indonesia?

Di Indonesia, pengaturan dan pelaksanaan mengenai berbagai bidang usaha yang bergerak di sektor telematika diatur oleh Direktur Jendral Aplikasi Telematika. Fungsi Departemen di bidang Aplikasi Telematika yang berada di bawah dan bertanggungjawab kepada Materi Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia. Fungsinya meliputi :
  1. Penyiapan perumusan kebijakan di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standarisasi dan audit aplikasi telematika; Pelaksanaan kebijakan di bisang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta stanarisasi dan audit aplikasi telematika; Perumusan dan pelaksanaan kebijakan kelembagaan internasional  di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standarisasi dan audit aplikasi telematika.
  2. Penyusunan standar, norma, pedoman, kriteria, dan prosedur di bidang e-government, e-business, perangkat lunak dan konten, pemberdayaan telematika serta standarisasi dan audit aplikasi telematika.
  3. Pembangunan, pengelolaan dan pengembangan infrastruktur dan manajemen aplikasi sistem informasi pemerintahan pusat dan daerah; pemberian bimbingan teknis dan evaluasi; pelaksanaan administrasi Direktorat Jendral Aplikasi Telematika.
Kaitan Telematika dengan Komputer?

Dijaman sekarang banyak sekali pemanfaatan telematika yang diaplikasikan pada komputer, beberapa contohnya yaitu :
  • E-mail (Electronic Mail). Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seseorang yang berada di suatu tempat tetap dapat berkomunikasi dengan orang lain pada tempat lain. Selain itu, dengan email orang dapat mengirimkan berbagai informasi yang cukup banyak, yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan media komunikasi yang lain.
  • E-commerce (Electronic commerce atau Perdagangan elektronik), adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya. E-dagang dapat melibatkan transfer dana elektronik, pertukaran data elektronik, sistem manajemen inventori otomatis, dan sistem pengumpulan data otomatis.
Selain dibidang komputer, telematika juga ada kaitannya dibidang komunikasi. Salah satunya adalah layanan dial up ke internet maupun semua jenis jaringan yang didasarkan pada sistem telekomunikasi untuk mengirimkkan data. Internet sendiri merupakan salah satu contoh telematika. Contoh lainnya, sekarang semua orang sudah mempunyai handphone, dan semakin hari semakin pesat perkemabangan teknologinya, dan semakin memudahkan para penggunanya untuk mendapatkan informasi secara langsung baik itu dari sms maupun push email yang lagi booming-nya di Indonesia akibat pasar handphone blackberry atau sekedar browsing dengan menggunakan wifi ataupun WAP.

Trend ke depan Telematika

Seiring berkembangnya kemajuan teknologi yang semakin pesat, mengharuskan masyarakat untuk bisa mengikuti perkembangan teknologi yang telah ada. Mengenai trend ke depan Telematika, itu merupakan kebebasan individu untuk mengembangkan dan menjadikannya sebagai suatu trend (walau sesaat) di dalam masyarakat. Yang pasti dalam proses perkembangannya harus dilakukan dengan penuh tanggung jawab dan tidak melanggar norma-norma yang berlaku di masyarakat. Sehingga tidak merugikan pihak lain dan tidak menguntungkan diri sendiri (egois).Sehingga trend ke depan telematika dapat menjadi suatu trend yang dapat diterima dan dinikmati oleh seluruh masyarakat, baik dari kalangan atas maupun dari kalangan bawah.

Nah dari penjelasan di atas, ternyata Telematika itu punya berbagai kegunaan diantaranya melakukan komunikasi jarak jauh, proses bisnis online, dll. Jadi Telematika ga cuma digunain untuk satu bidang aja kaya mendeteksi informasi yang ada di foto atau video itu asli atau rekayasa seperti yang sering kita liat di infotainment melainkan punya kegunaan-kegunaan lain.

Referensi :
  • http://id.wikipedia.org/wiki/Telematika [Tanggal Akses : 30 Oktober 2013]
  • http://dee-x-cisadane.webs.com/apps/blog/show/19169220-sejarah-penerapan-dan-perkembangan-trend-telematika-ke-depan [Tanggal Akses : 30 Oktober 2013]
  • http://4nthon1u5.wordpress.com/2012/10/25/pengantar-telematika-definisi-perkembangan-dan-trend/ [Tanggal Akses : 30 Oktober 2013]

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review