Pengenalan Jurnalistik dan Bulutangkis

Untuk menyambut event Djarum Indonesia Open Premier Super Series yang akan dihelat bulan Juni nanti, Tabloid Bola bekerjasama dengan Bakti Olahraga Djarum Foundation dan PP  PBSI mengadakan Pelatihan Jurnalistik Bulutangkis Mahasiswa (PJBM).  Kegiatan pelatihan jurnalistik bulutangkis ini dilaksanan selama 3 hari yang dimulai dari tanggal 4, 11 dan 30 Mei. Melalui kegiatan ini diharapkan mahasiswa akan menjadi jurnalis-jurnalis yang handal dimasa depan.

Pelatihan ini merupakan tahun kedua setelah sebelumnya pada tahun lalu sukses diselenggarakan dengan jumlah peserta sebanyak 50 Mahasiswa. Hal yang membuat berbeda, kuota jumlah peserta tahun ini lebih banyak yakni 142 mahasiswa dari 44 perguruan tinggi di JABODETABEK dan Bandung. 10 peserta yang berhasil mengikuti kegiatan ini dengan baik akan mendapatkan kesempatan untuk meliput kejuaraan Djarum Indonesia Open Premier Super Series 2013.

Kegiatan pertama yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 4 mei 2013 merupakan pembekalan materi sebelum para peserta akan terjun untuk praktek lapangan. Materi-materi tersebut berupa pengenalan bulutangkis, teori penulisan dan fotografi yang disajikan oleh para pakar yang ahli dibidangnya.

Acara pertama adalah pembukaan dengan menyerahkan kaos kepada perwakilan peserta sebagai bentuk simbolis bahwa acara telah dimulai dan foto bersama para peserta. Acara dilanjutkan dengan pengenalan bulutangkis oleh Ricky Subagja yang merupakan peraih medali emas olimpiade Atlanta tahun 1996. Ricky menjelaskan tentang seluk beluk bulutangkis hingga era kejayaan bulutangkis di Indonesia.

Kemudian Broto Happy  wartawan senior yang sudah malang melintang di dunia jurnalistik khususnya olahraga bulutangkis memaparkan materi tentang dunia jurnalistik bulutangkis. Selanjutnya Erly Bahtiar memberikan penjelasan tentang teknik fotografi yang baik dan benar. Para peserta diajarkan bagaiamana cara mengatur pencahayaan, mengatur iso dan mengatur speed kamera sehingga akan menghasilkan gambar yang maksimal. Setelah materi selesai para peserta diberikan waktu untuk ishoma.

Acara dimulai kembali pada jam 13.30 WIB dengan materi proses redaksional oleh Dede Isharrudin dan tata letak penyajian berita di Tabloid Bola oleh Sulistyono. Tidak hanya memberikan materi, para narasumber juga memberikan tips-tips dalam dunia jurnalistik untuk para mahasiswa.

Salah satunya Broto Happy yang bercerita bagaimana cara mendapatkan dan membuat berita yang menarik dan aktual. “Untuk dapat membuat berita yang menarik dan berbeda dengan yang lainnya, kita harus melakukan pendekatan baik dengan atlet itu sendiri, orangtua, keluarga atau kalau perlu dengan tukang pijatnya sekalipun.” ujar Broto. Menurutnya melakukan pendekatan baik dapat meperakurat berita yang akan dibuat selain apa yang dilihat saat pertandingan.

Acara berjalan dengan semarak karena disetiap pergantian materi diadakan kuis yang berhadiah kaos, buku hingga raket yang diberikan oleh para sponsor dan para atlet. Selanjutnya acara akan dilanjutkan kembali pada tanggal 11 Mei dengan materi praktek lapangan di Pelatnas Cipayung. See you there J(kmg)

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review