Perilaku Konsumen
Perilaku konsumen adalah perilaku yang ditunjukkan oleh konsumen dalam mencari, menukar, menggunakan, menilai, mengatur barang atau jasa yang mereka anggap dapat memuaskan kebutuhan mereka.
Faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen ada dua yaitu :
- Faktor Eksternal Perilaku Konsumen
Faktor eksternal merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan, strategi marketing dan kelompok referensi.
- Faktor Internal
Faktor-faktor yang termasuk ke dalam faktor internal adalah motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar.
Pendekatan Perilaku Konsumen
- Pendekatan Kardinal atau Cardinal Approach
- Pendekatan Ordinal atau Ordinal Approach
Dalam pendekatan Ordinal daya guna suatu barang tidak perlu diukur, cukup untuk diketahui dan konsumen mampu membuat urutan tinggi rendahnya daya guna yang diperoleh dari mengkonsumsi sekelompok barang.
Konsep Elastisitas
Elastisitas adalah perbandingan perubahan proporsional dari sebuah variable dengan perubahan variable lainnya.
4 konsep elastisitas yang umumnya dipakai dalam teori ekonomi mikro
- Elastisitas harga permintaan (Ed)
- Elastisitas harga penawaran (Ws)
- Elastisitas silang (Ec)
- Elastisitas pendapatan (Ey)
Contoh kasus
Perilaku konsumen dalam memilih produk makanan, pertama dilihat dari segi rasa apakah rasanya enak atau tidak. Kemudian ukurannya dan harganya, jika ukurannya besar dan harganya murah konsumen pasti akan memilih produk tersebut. Iklan juga mempengaruhi perilaku konsumen, jika iklannya menarik pasti konsumen akan mencoba untuk membeli produk tersebut.
Contoh lain yaitu perilaku konsumen yang lebih memilih produk impor dibanding produk lokal, sebenarnya hal ini terjadi karena sekarang sudah era pasar bebas jadi harga produk impor lebih murah dibanding produk lokal. Dari segi teknologi produk lokal juga kalah dibanding produk impor. Salah satu faktor yang membuat produk lokal kurang diminati yaitu karena kurangnya kecintaan akan bangsa.
0 komentar:
Posting Komentar