Membuat Program Menggunakan Bahasa C Pada Linux dengan Vi Editor


Halo semua, kali ini saya ingin membagi ilmu yang saya dapat setelah mengikuti praktikum sistem operasi di laboratorium sistem informasi. Pada praktikum ini, saya mendapatkan ilmu tentang membuat program menggunakan bahasa c pada linux dengan vi editor. Sebelumnya saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini karena saya juga baru belajar, semoga tulisan saya ini dapat bermanfaat. Selamat mempraktekan :)

Untuk membuat program menggunakan bahasa c dengan vi editor kita harus menginstall sistem operasi linux. Jika kita belum memakai linux karena sebelumnya sudah menggunakan sistem operasi lain, kita hanya memerlukan sebuah software yang bernama VMware Player, jadi kita tidak perlu menginstall dua sistem operasi. VMware Player adalah perangkat lunak virtualisasi yang dapat menjalankan beberapa sistem operasi secara bersamaan dan membuat virtual machine di komputer dengan mudah.


Jika sistem operasi linux sudah ada maka kita dapat membuat program dengan bahasa c menggunakan Vi Editor. Vi Editor adalah sebuah editor yang tertanam pada linux seperti notepad pada windows, namun bedanya apabila menggunakan vi editor maka kita harus menghafalkan perintah-perintah yang ada. Berikut ini adalah langkah-langkah dalam membuat program menggunakan bahasa C pada linux dengan distro ubuntu :

  • Membuka Vi Editor

Untuk membuka halaman Vi Editor kita harus masuk ke console. Console adalah terminal pada linux seperti cmd yang ada pada windows. Cara masuk ke console yaitu dengan shourtcut keyboard ctrl+alt+t. Jika console sudah terbuka ketik vi [nama_file.c] lalu tekan enter. Contoh : vi latihan.c


Screenshot1.Membuat file baru dengan nama latihan.c


Setelah itu akan muncul workspace kosong, untuk mulai menulis coding program kita harus menekan tombol insert pada keyboard agar pointer berpindah dari command mode.
  • Menulis Coding Program
Program yang akan saya buat adalah program sederhana yaitu menginput nama lalu mencetaknya, berikut adalah codingan program tersebut :

#include
main()
{
char nama[20];
printf("Siapa Nama Anda?\n");
scanf("%s", nama);
printf("Hallo %s, Apa Kabar? \n" ,nama);
}


Screenshot2. Codingan program

Jika sudah selesai menulis codingan program tekan tombol esc untuk masuk kedalam command mode. Setelah itu ketikan :w+q untuk menyimpan program dan keluar dari vi editor.


Screenshot3.Menyimpan program dan keluar dari vi editor.

  •  Mencompile Program
Untuk mencompile program yaitu dengan mengetikan gcc [namafilelama.c] -o [namafilebaru] lalu tekan enter. Contoh : gcc latihan.c -o latihan. Pada proses compile akan muncul peringatan error jika program kita salah namun apabila program kita sudah benar tidak akan menampilkan peringatan apapun.


Screenshot4. Tampilan ketika program telah selesai
di compile dan tidak ada kesalahan

  •  Menjalankan Program
Setelah di compile dan tidak terdapat kesalahan, kita dapat menjalankan program dengan mengetikan ./namafilebaru lalu tekan enter. Contoh : ./latihan


Screenshot5. Tampilan ketika program dijalankan

2 komentar:

Anonim at: 15 April 2013 pukul 10.57 mengatakan...

Selamat siang. Artikel anda sangat menbantu sekali.
Apakah anda mempunyai program bahas c untuk mengakses LCD 2x16? terimakasih sebelumnya :)

Anonim at: 23 April 2013 pukul 02.09 mengatakan...

membantu sekali :D

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review