Komunitas Bike To Work

B2W atau bike to work merupakan perkumpulan penggemar kegiatan pergi bekerja menggunakan transportasi sepeda. Kegiatan yang dilakukan terutama orang-orang di kota besar untuk mencapai tempat bekerja biasanya menggunakan alat tranportasi ramah lingkungan dan dapat menyehatkan.



-> Latar Belakang

Berawal dari sekelompok penggemar kegiatan sepeda gunung yang punya semangat, gagasan dan harapan akan terwujudnya udara bersih di perkotaan, lahirlah "Komunitas Pekerja Bersepeda" (Bike-to-Work Community) yang kemudian menggagas kampanye pertama penggunaan sepeda ke tempat kerja pada 6 Agustus 2004. Seiring dengan berjalannya waktu, peminat alternatif transportasi selain kendaraan bermotor ini semakin berkembang, hingga dirasa perlu untuk dibuat wadah agar gerakan ini dapat semakin tersosialisasi.

Pada 27 Agustus 2005 dilakukan Deklarasi & Pernyataan Bersama Komunitas Bike to Work Indonesia di Balai Kota DKI Jakarta, yang kemudian ditetapkan sebagai tanggal kelahiran Komunitas B2W-Indonesia. Kepengurusan B2W Indonesia yang pertama kemudian dibentuk pada 27 Agustus 2006. Selanjutnya Komunitas ini bertekad mengkampanyekan penggunaan sepeda sebagai alternatif transportasi, terutama untuk mendukung aktivitas sehari-hari.

Sumber : http://forem-mania.blogspot.com/2010/03/b2w-sejarahdan-perkembangannya.html

-> Tanggapan :

Dengan adanya komunitas bike to work dapat mengurangi kemacetan yang ada di ibukota akhir-akhir ini yang diakibatkan banyaknya kendaraan bermotor yang sekarang banyak dimiliki oleh masyarakat. Dengan adanya komunitas ini juga dapat mengurangi pencemaran udara dari kendaraan bermotor serta mengurangi penggunaan bahan bakar. Pemerintah seharusnya menyediakan jalan dan parkir khusus sepeda bagi para pekerja yang menggunakan sepeda kekantornya. Mungkin dengan cara tersebut akan lebih banyak lagi pekerja yang beralih menggunakan sepeda, sehingga jakarta akan terbebas dari macet dan polusi udara.

1 komentar:

{ abenk } at: 1 November 2010 pukul 10.06 mengatakan...

salam kenal........
check it out.. KLIK SAYA

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review