Standar
Profesi Di Amerika, Kanada dan Negara- negara di Eropa
Yunnisa Mutiara Sari 18110792
Komang Anom Budi Utama 13110912
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu
Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma, 2014
Abstrak
Model
dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan standar
profesi di Amerika dan Eropa. Negara bagian Eropa mengenal standar COTEC
sedangkan Amerika dikenal dengan standar Publik nya yang mengatur agar petugas
Publiknya untuk lebih sensitif terhadap tanggung jawabnya sebagai petugas
publik. Oleh karena itu, dalam penulisan ini akan dibahas tentang perbedaan
model standar profesi yang digunakan oleh Eropa dan Amerika.
PENDAHULUAN
Menurut
hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information Technology
Association of America) dan European Information Technology Observatory, di
Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di bidang
Tl.
Organisasi
profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang
menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan
fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka
sebagai individu.
Semakin
luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang
yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan,
instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini.
Secara
global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan
tenaga professional Tl. Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah model
standar Profesi yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang agar tercipta Tenaga
Kerja yang kompeten dan memenuhi kebutuhan di dunia profesionalisme.
PEMBAHASAN
MODEL DAN STANDAR PROFESI DI EROPA (INGGRIS, JERMAN DAN PERANCIS)
STANDAR PRAKTEK YANG DIKEMBANGKAN OLEH COTEC ADALAH KODE SUKARELA YANG
DIRANCANG UNTUK MEMBANTU ASOSIASI NASIONAL UNTUK MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN
KODE NASIONAL SESUAI DENGAN STANDAR EROPA PRAKTEK UNTUK TERAPIS OKUPASI. HAL
INI DIMAKSUDKAN UNTUK PENERAPAN UMUM NAMUN DAPAT DIMODIFIKASI UNTUK DAERAH
SPESIALIS MISALNYA PEDIATRI PRAKTEK, KEPEDULIAN MASYARAKAT, DAN LAIN-LAIN.
APABILA ADA KELOMPOK YANG INGIN MELAKUKAN SEPERTI INI,
SETIAP MASALAH YANG BERHADAPAN DENGAN STANDAR PRAKTEK HARUS DIBERIKAN KEBIJAKAN
DAN PERTIMBANGAN INFORMASI KARENA MEREKA TELAH DISERTAKAN UNTUK RELEVANSI
MEREKA UNTUK SATU ATAU KEGIATAN LAIN DARI PRAKTEK PROFESIONAL KAMI. HAL YANG
SANGAT PENTING ADALAH ISU-ISU YANG TERMASUK DALAM STANDAR PRAKTEK, SAAT INI
HARUS RELEVAN DENGAN ANGGOTA PROFESI YANG MENGGUNAKANNYA.
STANDAR PRAKTEK COTEC ADALAH PERNYATAAN KEBIJAKAN YANG
MEMBANTU UNTUK MENGATUR DAN MENJAGA STANDAR PRAKTEK PROFESIONAL YANG BAIK.
DALAM KASUS DIMANA KEPUTUSAN HARUS DIBUAT TENTANG PERILAKU TIDAK PROFESIONAL
DARI SEORANG AHLI TERAPI KERJA, KODE DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI PANDUAN STANDAR
PERILAKU PROFESIONAL YANG BENAR. WAKIL UNTUK COTEC DIMINTA UNTUK MEMASTIKAN
BAHWA PENUTUR ASLINYA YANG MENTERJEMAHKAN KODE KEDALAM BAHASA EROPA LAINNYA
KARENA TERDAPAT FRASE DAN ISTILAH YANG SULIT DITERJEMAHKAN. TERDAPAT DUA BAGIAN
UTAMA DALAM DOKUMEN INI, YAITU :
- KODE ETIK FEDERASI DUNIA KERJA THERAPIST
- STANDAR PRAKTEK COTEC YANG DIRANCANG TAHUN 1991 DAN DIPERBAHARUI TAHUN 1996
1. PRIBADI ATRIBUT
PEKERJAAN THERAPIST MEMILIKI INTEGRITAS PRIBADI, KEHANDALAN, KETERBUKAAN
PIKIRAN DAN LOYALITAS YANG BERKAITAN DENGAN KONSUMEN DAN BIDANG PROFESSIONAL
DAN KESELURUHAN. PEKERJAAN TERAPIS MERUPAKAN PENDEKATAN TERHADAP SEMUA KONSUMEN
YAITU MENGHORMATI DAN MEMPERHATIKAN SITUASI MASING-MASING KONSUMEN. PEKERJAAN
INI JUGA TIDAK BERTINDAK DISKRIMINASI TERHADAP PARA KONSUMEN. RAHASIA INFORMASI
PRIBADI PARA KONSUMEN AKAN DIJAMIN DAN SETIAP RINCIAN PRIBADI YANG DISAMPAIKAN
BERDASARKAN PERSETUJUAN MEREKA.
2. PERILAKU DALAM
TIM TERAPI PEKERJAAN DAN DALAM TIM MULTI DISIPLIN
PEKERJAAN TERAPIS BEKERJA SAMA DAN MENERIMA TANGGUNG JAWAB DALAM SATU TIM
YANG MENDUKUNG TUJUAN MEDIS DAN PSIKOSOSIAL YANG TELAH DITETAPKAN. PEKERJAAN
TERAPIS ADALAH MENYEDIAKAN LAPORAN TENTANG KEMAJUAN INTERVENSI MEREKA DAN MEMBERIKAN
ANGGOTA LAIN DARI TIM DENGAN INFORMASI YANG RELEVAN. PEKERJAAN TERAPIS
BERPARTISIPASI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONAL MELALUI BELAJAR SEPANJANG HIDUP
DAN SELANJUTNYA MENERAPKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN YANG DIPEROLEH DALAM
KERJA PROFESIONAL MEREKA.
3. PROMOSI PROFESI
PEKERJAAN
TERAPIS MEMPUNYAI KOMITMEN UNTUK MEMPERBAIKI DAN MENGEMBANGKAN PROFESI PADA
UMUMNYA. MEREKA JUGA PRIHATIN TERHADAP PROMOSI TERAPI OKUPASI YANG LAIN, MASYARAKAT
ORGANISASI PROFESSIONAL DAN PENGATURAN BADAN-BADAN NASIONAL SETA INTERNASIONAL
TINGKAT REGIONAL.
4. STANDAR PRAKTEK KONSUMEN
UNTUK TUJUAN STANDAR COTEC PRAKTEK KONSUMEN, ISTILAH YANG
DIGUNAKAN UNTUK MENJELASKAN PASIEN, KLIEN DAN ATAU WALI. HAL INI JUGA TERMASUK
MEREKA YANG MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB TERAPIS KERJA.
MODEL DAN STANDAR PROFESI DI USA DAN KANADA
PEJABAT KEUANGAN PEMERINTAH ASOSIASI DARI AMERIKA SERIKAT DAN
KANADA ADALAH ORGANISASI PROFESIONAL PEJABAT PUBLIK BERSATU UNTUK MENINGKATKAN
DAN MEMPROMOSIKAN MANAJEMEN PROFESIONAL SUMBER DAYA KEUANGAN PEMERINTAH DENGAN
MENGIDENTIFIKASI, MENGEMBANGKAN DAN MEMAJUKAN STRATEGI FISKAL, KEBIJAKAN, DAN
PRAKTEK UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK.
UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT, APARAT PEMERINTAH MEMBIAYAI SEMUA YANG
DIPERINTAHKAN UNTUK MEMATUHI STANDAR HUKUM, MORAL, DAN PROFESIONAL PERILAKU
DALAM PEMENUHAN TANGGUNG JAWAB PROFESIONAL MEREKA. STANDAR PERILAKU PROFESIONAL
DIATUR SEBAGAIMANA DALAM KODE INI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SEMUA ORANG YANG
TERLIBAT DALAM KEUANGAN PUBLIK.
1. PRIBADI STANDAR
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENUNJUKKAN DAN MENDEDIKASIKAN
CITA-CITA TERTINGGI, KEHORMATAN DAN INTEGRITAS DALAM SEMUA HUBUNGAN MASYARAKAT
SERTA PRIBADI UNTUK MENDAPAT RASA HORMAT, KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN YANG
MENGATUR PEJABAT, KARYAWAN DAN MASYARAKAT. MEREKA HARUS MEMATUHI PRAKTEK
PROFESIONAL YANG TELAH DISETUJUI DAN MERUPAKAN STANDAR YANG DIANJURKAN.
2. TANGGUNG JAWAB PEJABAT PUBLIK
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENGAKUI DAN BERTANGGUNG JAWAB SEBAGAI
PEJABAT DI SEKTOR PUBLIK. MEREKA HARUS MENJUNJUNG TINGGI UNDANG-UNDANG,
KONSTITUSI, DAN PERATURAN YANG MENGATUR TINDAKAN MEREKA DAN MELAPORKAN
PELANGGARAN HUKUM KEPADA PIHAK YANG BERWENANG.
3. PENGEMBANGAN PROFESIONAL
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENJAGA KOMPETENSI
MEREKA SENDIRI, UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOLEGA MEREKA DAN UNTUK
MEMBERIKAN DORONGAN BAGI MEREKA YANG INGIN MEMASUKI BIDANG KEUANGAN PEMERINTAH.
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PETUGAS KEUANGAN UNTUK
MENINGKATKAN KEUNGGULAN DALAM PELAYANAN PUBLIK.
4. INTEGRITAS PROFESIONAL – INFORMASI
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENUNJUKKAN INTEGRITAS PROFESIONAL
DALAM PENERBITAN DAN PENGELOLAAN INFORMASI. MEREKA HARUS SENSITIF DAN RESPONSIF
TERHADAP PERTANYAAN DARI MASYARAKAT DAN MEDIA DALAM KERANGKA KEBIJAKAN
PEMERINTAH NEGARA BAGIAN ATAU LOKAL.
5. INTEGRITAS PROFESIONAL – HUBUNGAN
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS BERTINDAK DENGAN KEHORMATAN, INTEGRITAS
DAN KEBIJAKAN DALAM SEMUA HUBUNGAN PROFESIONAL. MEREKA AKAN MEMPROMOSIKAN
KESEMPATAN KERJA YANG SAMA SEHINGGA TIDAK TERDAPAT DISKRIMINASI, PELECEHAN ATAU
PRAKTIK YANG TIDAK ADIL LAINNYA.
6. KONFLIK KEPENTINGAN
PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS SECARA AKTIF MENGHINDARI MUNCULNYA
KENYATAAN YANG BERBENTURAN DENGAN KEPENTINGAN. MEREKA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN
MILIK UMUM ATAU SUMBER DAYA DEMI KEPENTINGAN PRIBADI ATAU POLITIK.
KESIMPULAN
Model
dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan standar
profesi di Amerika dan Eropa. Negara bagian Eropa mengenal standar COTEC
sedangkan Amerika dikenal dengan standar Publik nya yang mengatur agar petugas
Publiknya untuk lebih sensitif terhadap tanggung jawabnya sebagai petugas
publik.
Referensi:
http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/.../Perbedaan+mod.
0 komentar:
Posting Komentar