Standar Profesi Di Amerika, Kanada dan Negara- negara di Eropa

Standar Profesi Di Amerika, Kanada dan Negara- negara di Eropa
Yunnisa Mutiara Sari 18110792
 Komang Anom Budi Utama 13110912
Jurusan Sistem Informasi, Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi
Universitas Gunadarma, 2014

Abstrak

Model dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan standar profesi di Amerika dan Eropa. Negara bagian Eropa mengenal standar COTEC sedangkan Amerika dikenal dengan standar Publik nya yang mengatur agar petugas Publiknya untuk lebih sensitif terhadap tanggung jawabnya sebagai petugas publik. Oleh karena itu, dalam penulisan ini akan dibahas tentang perbedaan model standar profesi yang digunakan oleh Eropa dan Amerika.

PENDAHULUAN

Menurut hasil studi yang diluncurkan pada April 2001 oleh ITAA (Information Technology Association of America) dan European Information Technology Observatory, di Amerika pada tahun 2001 terbuka kesempatan 900.000 pekerjaan di bidang Tl. 
Organisasi profesi merupakan organisasi yang anggotanya adalah para praktisi yang menetapkan diri mereka sebagai profesi dan bergabung bersama untuk melaksanakan fungsi-fungsi sosial yang tidak dapat mereka laksanakan dalam kapasitas mereka sebagai individu. 
Semakin luasnya penerapan Teknologi Informasi di berbagai bidang, telah membuka peluang yang besar bagi para tenaga profesional Tl untuk bekerja di perusahaan, instansi pemerintah atau dunia pendidikan di era globalisasi ini. 
Secara global, baik di negara maju maupun negara berkembang, telah terjadi kekurangan tenaga professional Tl.  Oleh karena itu, perlu dibuat sebuah model standar Profesi yang telah ditetapkan oleh pihak berwenang agar tercipta Tenaga Kerja yang kompeten dan memenuhi kebutuhan di dunia profesionalisme.

PEMBAHASAN

MODEL DAN STANDAR PROFESI DI EROPA (INGGRIS, JERMAN DAN PERANCIS)

STANDAR PRAKTEK YANG DIKEMBANGKAN OLEH COTEC ADALAH KODE SUKARELA YANG DIRANCANG UNTUK MEMBANTU ASOSIASI NASIONAL UNTUK MEMBANGUN DAN MENGEMBANGKAN KODE NASIONAL SESUAI DENGAN STANDAR EROPA PRAKTEK UNTUK TERAPIS OKUPASI. HAL INI DIMAKSUDKAN UNTUK PENERAPAN UMUM NAMUN DAPAT DIMODIFIKASI UNTUK DAERAH SPESIALIS MISALNYA PEDIATRI PRAKTEK, KEPEDULIAN MASYARAKAT, DAN LAIN-LAIN.

APABILA ADA KELOMPOK YANG INGIN MELAKUKAN SEPERTI INI, SETIAP MASALAH YANG BERHADAPAN DENGAN STANDAR PRAKTEK HARUS DIBERIKAN KEBIJAKAN DAN PERTIMBANGAN INFORMASI KARENA MEREKA TELAH DISERTAKAN UNTUK RELEVANSI MEREKA UNTUK SATU ATAU KEGIATAN LAIN DARI PRAKTEK PROFESIONAL KAMI. HAL YANG SANGAT PENTING ADALAH ISU-ISU YANG TERMASUK DALAM STANDAR PRAKTEK, SAAT INI HARUS RELEVAN DENGAN ANGGOTA PROFESI YANG MENGGUNAKANNYA.

STANDAR PRAKTEK COTEC ADALAH PERNYATAAN KEBIJAKAN YANG MEMBANTU UNTUK MENGATUR DAN MENJAGA STANDAR PRAKTEK PROFESIONAL YANG BAIK. DALAM KASUS DIMANA KEPUTUSAN HARUS DIBUAT TENTANG PERILAKU TIDAK PROFESIONAL DARI SEORANG AHLI TERAPI KERJA, KODE DAPAT DIGUNAKAN SEBAGAI PANDUAN STANDAR PERILAKU PROFESIONAL YANG BENAR. WAKIL UNTUK COTEC DIMINTA UNTUK MEMASTIKAN BAHWA PENUTUR ASLINYA YANG MENTERJEMAHKAN KODE KEDALAM BAHASA EROPA LAINNYA KARENA TERDAPAT FRASE DAN ISTILAH YANG SULIT DITERJEMAHKAN. TERDAPAT DUA BAGIAN UTAMA DALAM DOKUMEN INI, YAITU :
  • KODE ETIK FEDERASI DUNIA KERJA THERAPIST
  • STANDAR PRAKTEK COTEC YANG DIRANCANG TAHUN 1991 DAN DIPERBAHARUI TAHUN 1996


1. PRIBADI ATRIBUT

PEKERJAAN THERAPIST MEMILIKI INTEGRITAS PRIBADI, KEHANDALAN, KETERBUKAAN PIKIRAN DAN LOYALITAS YANG BERKAITAN DENGAN KONSUMEN DAN BIDANG PROFESSIONAL DAN KESELURUHAN. PEKERJAAN TERAPIS MERUPAKAN PENDEKATAN TERHADAP SEMUA KONSUMEN YAITU MENGHORMATI DAN MEMPERHATIKAN SITUASI MASING-MASING KONSUMEN. PEKERJAAN INI JUGA TIDAK BERTINDAK DISKRIMINASI TERHADAP PARA KONSUMEN. RAHASIA INFORMASI PRIBADI PARA KONSUMEN AKAN DIJAMIN DAN SETIAP RINCIAN PRIBADI YANG DISAMPAIKAN BERDASARKAN PERSETUJUAN MEREKA.

2. PERILAKU DALAM TIM TERAPI PEKERJAAN DAN DALAM TIM MULTI DISIPLIN

PEKERJAAN TERAPIS BEKERJA SAMA DAN MENERIMA TANGGUNG JAWAB DALAM SATU TIM YANG MENDUKUNG TUJUAN MEDIS DAN PSIKOSOSIAL YANG TELAH DITETAPKAN. PEKERJAAN TERAPIS ADALAH MENYEDIAKAN LAPORAN TENTANG KEMAJUAN INTERVENSI MEREKA DAN MEMBERIKAN ANGGOTA LAIN DARI TIM DENGAN INFORMASI YANG RELEVAN. PEKERJAAN TERAPIS BERPARTISIPASI DALAM PENGEMBANGAN PROFESIONAL MELALUI BELAJAR SEPANJANG HIDUP DAN SELANJUTNYA MENERAPKAN PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN YANG DIPEROLEH DALAM KERJA PROFESIONAL MEREKA.

3. PROMOSI PROFESI

PEKERJAAN TERAPIS MEMPUNYAI KOMITMEN UNTUK MEMPERBAIKI DAN MENGEMBANGKAN PROFESI PADA UMUMNYA. MEREKA JUGA PRIHATIN TERHADAP PROMOSI TERAPI OKUPASI YANG LAIN, MASYARAKAT ORGANISASI PROFESSIONAL DAN PENGATURAN BADAN-BADAN NASIONAL SETA INTERNASIONAL TINGKAT REGIONAL.

4. STANDAR PRAKTEK KONSUMEN

UNTUK TUJUAN STANDAR COTEC PRAKTEK KONSUMEN, ISTILAH YANG DIGUNAKAN UNTUK MENJELASKAN PASIEN, KLIEN DAN ATAU WALI. HAL INI JUGA TERMASUK MEREKA YANG MERUPAKAN TANGGUNG JAWAB TERAPIS KERJA.

MODEL DAN STANDAR PROFESI DI USA DAN KANADA

PEJABAT KEUANGAN PEMERINTAH ASOSIASI DARI AMERIKA SERIKAT DAN KANADA ADALAH ORGANISASI PROFESIONAL PEJABAT PUBLIK BERSATU UNTUK MENINGKATKAN DAN MEMPROMOSIKAN MANAJEMEN PROFESIONAL SUMBER DAYA KEUANGAN PEMERINTAH DENGAN MENGIDENTIFIKASI, MENGEMBANGKAN DAN MEMAJUKAN STRATEGI FISKAL, KEBIJAKAN, DAN PRAKTEK UNTUK KEPENTINGAN PUBLIK.

UNTUK MENCAPAI TUJUAN TERSEBUT, APARAT PEMERINTAH MEMBIAYAI SEMUA YANG DIPERINTAHKAN UNTUK MEMATUHI STANDAR HUKUM, MORAL, DAN PROFESIONAL PERILAKU DALAM PEMENUHAN TANGGUNG JAWAB PROFESIONAL MEREKA. STANDAR PERILAKU PROFESIONAL DIATUR SEBAGAIMANA DALAM KODE INI UNTUK MENINGKATKAN KINERJA SEMUA ORANG YANG TERLIBAT DALAM KEUANGAN PUBLIK.

1. PRIBADI STANDAR

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENUNJUKKAN DAN MENDEDIKASIKAN CITA-CITA TERTINGGI, KEHORMATAN DAN INTEGRITAS DALAM SEMUA HUBUNGAN MASYARAKAT SERTA PRIBADI UNTUK MENDAPAT RASA HORMAT, KEPERCAYAAN DAN KEYAKINAN YANG MENGATUR PEJABAT, KARYAWAN DAN MASYARAKAT. MEREKA HARUS MEMATUHI PRAKTEK PROFESIONAL YANG TELAH DISETUJUI DAN MERUPAKAN STANDAR YANG DIANJURKAN.

2. TANGGUNG JAWAB PEJABAT PUBLIK

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENGAKUI DAN BERTANGGUNG JAWAB SEBAGAI PEJABAT DI SEKTOR PUBLIK. MEREKA HARUS MENJUNJUNG TINGGI UNDANG-UNDANG, KONSTITUSI, DAN PERATURAN YANG MENGATUR TINDAKAN MEREKA DAN MELAPORKAN PELANGGARAN HUKUM KEPADA PIHAK YANG BERWENANG.

3. PENGEMBANGAN PROFESIONAL

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB UNTUK MENJAGA KOMPETENSI MEREKA SENDIRI, UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KOLEGA MEREKA DAN UNTUK MEMBERIKAN DORONGAN BAGI MEREKA YANG INGIN MEMASUKI BIDANG KEUANGAN PEMERINTAH. PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH BERTANGGUNG JAWAB KEPADA PETUGAS KEUANGAN UNTUK MENINGKATKAN KEUNGGULAN DALAM PELAYANAN PUBLIK.

4. INTEGRITAS PROFESIONAL – INFORMASI

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS MENUNJUKKAN INTEGRITAS PROFESIONAL DALAM PENERBITAN DAN PENGELOLAAN INFORMASI. MEREKA HARUS SENSITIF DAN RESPONSIF TERHADAP PERTANYAAN DARI MASYARAKAT DAN MEDIA DALAM KERANGKA KEBIJAKAN PEMERINTAH NEGARA BAGIAN ATAU LOKAL.

5. INTEGRITAS PROFESIONAL – HUBUNGAN

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS BERTINDAK DENGAN KEHORMATAN, INTEGRITAS DAN KEBIJAKAN DALAM SEMUA HUBUNGAN PROFESIONAL. MEREKA AKAN MEMPROMOSIKAN KESEMPATAN KERJA YANG SAMA SEHINGGA TIDAK TERDAPAT DISKRIMINASI, PELECEHAN ATAU PRAKTIK YANG TIDAK ADIL LAINNYA.

6. KONFLIK KEPENTINGAN

PETUGAS PEMBIAYAAN PEMERINTAH HARUS SECARA AKTIF MENGHINDARI MUNCULNYA KENYATAAN YANG BERBENTURAN DENGAN KEPENTINGAN. MEREKA TIDAK AKAN MENGGUNAKAN MILIK UMUM ATAU SUMBER DAYA DEMI KEPENTINGAN PRIBADI ATAU POLITIK.

KESIMPULAN

Model dan standar profesi di setiap negara berbeda-beda termasuk model dan standar profesi di Amerika dan Eropa. Negara bagian Eropa mengenal standar COTEC sedangkan Amerika dikenal dengan standar Publik nya yang mengatur agar petugas Publiknya untuk lebih sensitif terhadap tanggung jawabnya sebagai petugas publik. 

Referensi:
http://iqbalhabibie.staff.gunadarma.ac.id/.../Perbedaan+mod.


0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review