Pengujian Aplikasi Pengarsipan Surat Masuk Dan Surat Keluar Dengan Metode Black Box

Pengujian perangkat lunak dapat dinyatakan sebagai proses validasi dan verifikasi bahwa sebuah program / aplikasi / produk :
  1. Memenuhi kebutuhan (requirement) yang mendasari perancangan dan pengembangan perangkat lunak tersebut;
  2. Berjalan sesuai dengan yang diharapkan;
  3. Dapat diterapkan menggunakan karakteristik yang sama;
  4. Memenuhi kebutuhan semua pihak yang berkepentingan.
Kali ini saya akan melakukan pengujian terhadap aplikasi pengarsipan surat masuk dan surat keluar. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang saya buat untuk memenuhi syarat tugas mata kuliah penulisan ilmiah. Metode yang saya gunakan dalam pengujian aplikasi ini yaitu dengan metode blackbox (blackbox testing). 

Pengujian blackbox adalah salah satu metode pengujian perangkat lunak yang berfokus pada sisi fungsionalitas, khususnya pada input dan output aplikasi (apakah sudah sesuai dengan apa yang diharapkan atau belum). Tahap pengujian atau testing merupakan salah satu tahap yang harus ada dalam sebuah siklus pengembangan perangkat lunak (selain tahap perancangan atau desain).

Berikut ini adalah tabel pengujian blackbox terhadap aplikasi surat masuk dan surat keluar. Dalam hal ini saya menguji halaman login aplikasi, halaman pencarian data surat masuk dan halaman pencarian surat keluar.

  • Pengujian halaman login


Untuk dapat masuk kedalam aplikasi ini penggunanya harus melakukan login terlebih dahulu. Username yang benar adalah 'admin' dan passwordnya 'surat'.



  • Pengujian halaman pencarian surat masuk 


Pada halaman pencarian surat masuk pengujian yang akan saya lakukan yaitu mencari semua data surat masuk yang dikirimkan oleh PT. Primajasa. 



  • Pengujian halaman pencarian surat keluar



Pada halaman pencarian surat keluar pengujian yang akan saya lakukan yaitu mencari semua data surat keluar yang dibuat pada tanggal  13-12-2012. 



Referensi :

http://id.wikipedia.org/wiki/Pengujian_perangkat_lunak [Tanggal Akses : 4 Mei 2014]

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review