Alur Kegiatan Purchase Order

Di postingan ini saya akan menjelaskan mengenai alur dari kegiatan purchase order yang telah saya buat. Berikut ini adalah gambar alur dari Purchase Order tersebut :


Jadi di dalam diagram ini menjelaskan terdapat 3 entitas yang terlibat yaitu purchasing, vendor dan material recipt. Ok untuk lebih jelasnya kita ibaratkan ini adalah usaha okeshop yang menjual handphone. Bagian purchasing okeshop ceritanya kehabisan stock handphone samsung dan ingin melakukan order pembelian di perusahaan samsung. Kegiatan pertama yang dilakukan dalam pemesanan ini adalah mengisi data vendor. Data vendor ini didapat dari database business partner yang sebelumnya telah melakukan kerja sama dengan okeshop. Karena okeshop kehabisan stock handphone samsung, berarti data vendor yang dipilih adalah samsung.

Setelah itu bagian purchasing dapat memilih jenis barang yang ingin dibeli berdasarkan barang yang diproduksi si business partner. Karena tadi business partner yang dipilih adalah samsung maka produk yang disediakan adalah galaxy young, galaxy mini, s4, dll. Jika barang sudah ditentukan maka tahap selanjutnya yaitu menentukan cara pembayaran dan pajaknya. Cara pembayarannya dapat ditentukan misalnya cash, dp, atau pembayaran setelah barang sampai di gudang. Data pembelian ini nantinya akan tersimpan di database purchase order.

Kemudian informasi pembelian tadi akan dicetak sebagai bukti order pembelian. Bukti pembelian ini akan diserahkan ke vendor agar vendor mengirimkan barang yang telah dipesan oleh bagian purchasing. Setelah barang sampai ke gudang (material receipt), vendor akan memberikan invoice pembelian barang dan bagian gudang juga harus mempunyai data order pembelian yang tersimpan di database purchase order untuk mengecek apakah barang yang dikirimkan vendor sesuai dengan barang yang dipesan/dibeli oleh bagian purchasing.

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review