Data dan Variable

Pengertian Data 

Data adalah catatan atas kumpulan fakta. Data merupakan  bentuk jamak dari datum, berasal dari bahasa latin yang berarti "sesuatu yang diberikan". Dalam penggunaan sehari-hari data berarti suatu pernyataan yang diterima secara apa adanya. Pernyataan ini adalah hasil pengukuran atau pengamatan suatu variable yang bentuknya dapat berupa angka, kata-kata, atau citra.

Dalam keilmuan (ilmiah), fakta dikumpulkan untuk menjadi data. Data kemudian diolah sehingga dapat diutarakan secara jelas dan tepat sehingga dapat dimengerti oleh orang lain yang tidak langsung mengalaminya sendiri, hal ini dinamakan deskripsi. Pemilihan banyak data sesuai dengan persamaan atau perbedaan yang dikandungnya dinamakan klasifikasi.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) pengertian data adalah keterangan yang benar dan nyata. Atau keterangan atau bahan nyata yang dapat dijadikan bahan kajian (analisis atau kesimpulan).

Teknik Pengumpulan Data

Ada beberapa teknik pengumpulan data yaitu angket, wawancara, observasi, studio dokumentasi, dan teknik lainnya.
  • Angket
Angket adalah teknik pengumpulan data dengan menyerahkan atau mengirimkan daftar pertanyaan untuk diisi sendiri oleh responden. Responden adalah orang yang memberikan tanggapan atas angket yang diajukan.
  • Wawancara 
Wawancara adalah pengumpulan data dengan mengajukan pertanyaan secara langsung oleh pewawancara kepada responden, dan jawaban-jawaban responden dicatat atau direkam dengan alat perekam.
  • Observasi
Observasi atau pengamatan kegiatan adalah setiap kegiatan untuk melakukan pengukuran, pengamatan dengan menggunakan indera pengelihatan yang berarti tidak mengajukan pertanyaan-pertanyaan.
  • Studio Dokumentasi
Studio dokumentasi merupakan teknik pengumpulan data yang tidak langsung ditujukan kepada subjek penelitian.

Dokumen dapat dibedakan menjadikan dokumen primer (dokumen yang ditulis oleh orang yang langsung mengalami suatu peristiwa), dan dokumen sekunder (jika peristiwa dilaporkan kepada orang lain yang selanjutnya ditulis oleh orang ini) contohnya otobiografi.

Jenis Data
  • Data Menurut Cara Memperolehnya
1. Data Primer

Data primer adalah secara langsung diambil dari objek/ objek peneliti oleh peneliti perorangan maupun organisasi. Contoh : Mewawancarai langsung penonton bioskop 21 untuk meneliti preferensi konsumen bioskop.

2. Data Sekunder

Data sekunder adalah data yang didapat tidak secara langsung dari objek penelitian. Peneliti mendapatkan data yang sudah jadi yang dikumpulkan oleh pihak lain dengan berbagai cara atau metode baiksecara komersial maupun non komersial. Contohnya adalah pada peneliti yang menggunakan data statistik hasil riset dari surat kabar atau majalah.
  • Jenis Data Berdasarkan Sumber Data
1. Data Internal

Data internal adalah data yang menggambarkan situasi dan kondisi pada suatu organisasi secara internal. Misal : data keuangan, data pegawai, data produksi, dsb.

2. Data Eksternal

Data eksternal adalah data yang menggambarkan situasi serta kondisi yang ada di luar organisasi. Contohnya adalah data jumlah penggunaan suatu produk pada konsumen, tingkat preferensi pelanggan, persebaran penduduk dan lain sebagainya. 
  • Berdasarkan Jenis Datanya
1. Data Kuantitatif

Data kuantitatif adalah data yang dipaprkan dalam bentuk angka-angka. Misalnya adalah jumlah pembeli saat hari raya idul adha, tinggi badan siswa kelas 3 IPS 2, dan lain-lain.

2. Data Kualitatif

Data kualitatif adalah data yang disajikan dalam bentuk kata-kata yang mengandung makna. Contohnya seperti persepsi konsumen terhadap botol air minum dalam kemasan, anggapan para ahli terhadap psikopat dan lain-lain.
  • Berdasarkan Sifat Data
1. Data Diskrit 

Data diskrit adalah data yang nilainya adalah bilangan asli. Contohnya adalah berat badan ibu-ibu PKK Sumber Ayu, nilai rupiah dari waktu ke waktu, dan lain sebagainya.

2. Data Kontinyu

Data kontinyu adalah data yang nilainya ada pada suatu interval tertentu atau berada pada nilai yang satu ke nilai yang lainnya. Contohnya penggunaan kata sekitar, kurang lebih, kira-kira, dan sebagainya. Dinas pertanian daerah mengimpor bahan baku pabrik pupuk kurang lebih 850 ton.
  • Data Menurut Waktu Pengumpulannya
1. Data Cross Section

Data cross-section adalah data yang menunjukkan titik waktu tertentu. Contohnya laporan keuangan per 31 Desember 2006, data pelanggan PT. Angin Ribut bulan Mei 2004, dan lain sebagainya.

2. Data Time Series / Berkala

Data berkala adalah data yang datanya menggambarkan sesuatu dari waktu ke waktu atau periode secara historis. Contoh data time series adalah data perkembangan nilai tukar Dollar Amerika terhadap Euro Eropa dari tahun 2004 sampai 2006. Jumlah pengikut jamaah Nurdin M.Top dan doktor Azaharidari bulan ke bulan, dll.

Pengertian Variabel

Variabel adalah obejek penelitian, atau apa yang menjadi titik perhatian suatu penelitian (Suharmisi Arikunto, 1998 : 99). Menurut Ibnu Hajar (1999 : 156) yang mengartikan variabel adalah objek pengamatan atau fenomena yang diteliti. Sedangkan Sutrisno Hadi menerangkan bahwa variabel adalah semua keadaan, faktor, kondisi, perlakuan, atau tindakan yang dapat mempengaruhi hasil eksperimen. Dari penjelasan dari beberapa pakar tadi dapat disimpulkan bahwa variabel adalah gejala atau objek penelitian yang bervariasi. Contoh : 1) Variabel jenis kelamin (laki-laki dan perempuan), 2) Variabel profesi (guru, petani, pedagang).

Macam-macam Variabel
  • Variabel bebas atau variabel penyebab (independent variables)
Variabel bebas adalah variabel yang menyebabkan atau mempengaruhi, yaitu faktor-faktor yang diukur, dimanipulasi atau dipilih oleh peniliti untuk menentukan hubungan antara fenomena yang diobservasi atau diamati.
  • Variabel terikat atau variabel tergantung (dependent variables)
Variabel terikat adalah faktor-faktor yang diobservasi dan diukur untuk menentukan adanya pengaruh variabel bebas, yaitu faktor yang muncul, atau tidak muncul, atau berubah sesuai dengan yang diperkenalkan oleh peneliti.
  • Variabel Moderator
Variabel moderator adalah faktor-faktor atau aspek-aspek yang diukur, dimanipulasi, atau dipilih oleh peneliti untuk menentukan apakah variabel tersebut mengubah hubungan antara variabel bebas dan variabel terikat.

Contoh :

Hipotesis : Kecermatan membaca siswa perempuan lebih baik daripada siswa laki-laki setelah mereka mendapat pembelajaran membaca cepat dan lambat.

Variabel bebas : pembelajaran membaca cepat dan lambat.

Variabel moderator : Siswa perempuan dan laki-laki.

Variabel terikat : Kecermatan.
  • Variabel Kontrol
Variabel yang dinetralisasi yang diidentifikasi sebagai variabel kontrol atau kendali, atau variabel kontrol adalah variabel yang diusahakan untuk dinetralisasi oleh peneliti. Dalam penelitian di samping strategi pembelajaran dan tingkat kecerdasan, peneliti juga mempertimbangkan tingkat usia, misalnya kelompok umur tertentu, maka umur dalam penelitian ini dianggap sebagai variabel kendali.
  • Variabel Intervening
Adalah yang tidak pernah diamati dan hanya disimpulkan berdasarkan pada variabel terikat dan bebas. Contoh :

Hipotesis : Pada siswa yang memiliki minat yang meningkat terhadap tugas yang diberikan, unjuk kerja terhadap tugas yang diukur meningkat.

Variabel bebas : minat terhadap tugas.

Variabel intervening : belajar.

Variabel terikat : unjuk kerja tugas.

Sumber :

Wikipedia. Data.
http://id.wikipedia.org/wiki/Data [Tanggal Akses : 13 April 2013]

Anonim. 2011. Pengertian Data.
http ://internet.artikel2.com/pengertian-data.htm [Tanggal Akses : 13 April 2013]

Soehartono Irawan. 1995. Metode Penelitian Social. Bandung : Rosdakarya.

Anonim. 2006. Klasifikasi, Jenis dan Macam Data - Pembagian Data Dalam Ilmu Eksak Sains Statistik / Statistika.
http://organisasi.org/klasifikasi_jenis_dan_macam_data_pembagian_data_dalam_ilmu_eksak_sains_statistik_statistika [Tanggal Akses : 13 April 2013]

Anonim. 2012. Macam-macam Variabel Dalam Penelitian.
http://rickypuspito.blogspot.com/2012/02/macam-macam-variabel-dalam-penelitian.html
[Tanggal Akses : 13 April 2013]

Anonim. 2012. Pengertian dan Jenis Variabel.
http://sunnett.blogspot.com/2012/10/pengertian-dan-jenis-variabel.html [Tanggal Akses : 13 April 2013]

1 komentar:

{ Zaenal Muhlisin } at: 27 September 2013 16.05 mengatakan...

artikelnya bagus
makasih dah nulis sumbernya gan,,,,

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review