Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

Waktu liburan semester 3 kemaren saya mendapat sms yang berisi undangan dari pihak kemahasiswaan buat ikut sosialisasi dan pembakalan program kreativitas mahasiswa. Awalnya saya ga tau itu sosialisasi tentang apa trus rada males juga buat dateng. Tapi setelah dipikir-pikir ga ada ruginya juga sih klo dateng, ga bayar ini trus dapet sertifikat juga lagi, kan lumayan tuh buat dikumpulin pas matakuliah softskill kikikikik *ketawa licik

Pas dateng ternyata saya ga sendiri ada Fildzah, Indri, Amel, Tika, Rina, Eka yang ternyata juga dapet sms undangan buat dateng ke sosialisasi ini. Jadi didalam sosialisasi ini mahasiswa yang diundang atau daftar sendiri itu diberitahu tentang apa itu PKM trus dikasi tips dan trik juga supaya sukses kalo nanti ikut PKM. Kira-kira begini nih info yang saya dapatkan waktu sosialisasi kemaren.

Nom, nom PKM itu apa sih?

PKM itu Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan setiap tahun oleh Depdiknas, tujuannya agar mahasiswa dapat menerapkan kemampuan akademik, kemampuan berpikir, kemampuan berkomunikasi, dan management skill yang diajarkan dibangku kuliah, agar ketika lulus dari Perguruan Tinggi nanti memiliki kecepatan dalam menemukan solusi persoalan dilapangan. 

Trus ada jenis-jenis kegiatannya juga ga?

Ada, jadi PKM itu dibagi kedalam beberapa jenis kegiatan, yaitu :
  1. PKM P (Penelitan) tentang pengembangan ilmu
  2. PKM KC (Karsa Cipta) tentang rekayasa teknologi
  3. PKM T (Teknologi) tentang Usaha Kecil Menengah
  4. PKM M (Pengabdian Masyarakat) tentang masyarakat umum
  5. PKM K (Kewirausahaan) tentang lapangan kerja
  6. PKM KT (Karya Tulis). PKM ini dibagi lagi jadi 2 yaitu AI (Artikel Ilmiah) dan GT (Gagasan Tertulis)
Nah, yang KT kan dibagi lagi jadi 2 tuh, bedanya AI sama GT apa?

PKM AI itu biasanya berupa hasil penelitian bentuknya bisa berupa laporan praktikum, penulisan ilmiah, magang, atau riset mandiri. Sedangkan PKM GT itu hanya berupa gagasan ide yang dituangkan kedalam bentuk tulisan.

Wah saya tertarik nih, kalo mau ikut ada syaratnya ga?

Syaratnya itu pengusulnya terdiri dari 3-5 orang, halaman yang diajukan maksimal 15 lembar, warna covernya menyesuaikan berdasarkan jenis PKM yang diikuti, biaya maksimal yang diajukan sebesar 10 juta (untuk PKM jenis GT dan AI tidak perlu mengajukan permohonan biaya), ada cv dari seluruh tim beserta dosen pembimbing yang telah ditandatangani, lembar pengesahannya juga harus lengkap dengan cap dan tandatangan, dan jangan lupa format/struktur penulisannya juga harus sesuai dengan buku panduan. 

Trus hadiah sama rangkaian kegiatannya gimana aja?

Jadi nanti hasil PKM yang dikirimkan akan direview apakah layak atau tidak, kalau layak akan didanai untuk dilaksanakan (untuk PKM AI/GT diberikan hadiah insentif sebesar 3jt), nanti waktu ide itu dilaksanakan akan di monitoring dan evaluasi oleh juri, dan jika memenuhi syarat maka akan diundang ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) untuk dipresentasikan, jika semua syarat memenuhi maka akan mendapatkan juara serta diberikan penghargaan.

Seru juga ya, trus kemaren jadi ikut nom? Kalo ikut timnya siapa aja?

Ikut dong biar bisa nambah pengalaman. Kemaren itu tim saya fresh from the open semua masih newbie gitu karena baru pertama kali ikut. Tim saya terdiri dari Indri, Fildzah, Amel trus dosen pembimbingnya bu Rani Puspita.

Ikut PKM yang mana, trus ngambil judul PKMnya apa?

Kita ikut PKM GT, judulnya "Games Interaktif Pengenalan Budaya Indonesia Untuk Perangkat Mobile Berplatform Android".

Nah jadi kira-kira begitu deh info yang saya dapet pas sosialisasi kemaren, kalau ada yang salah atau masih kurang lengkap bisa juga baca-baca dari sumber lain. Sekian dulu ya semoga bermanfaat dan pesan saya :


"Jangan takut untuk mencoba, kalau nanti gagal masih ada tahun depan untuk diperbaiki lagi" 


Selamat berpartisipasi :)

2 komentar:

{ Unknown } at: 26 November 2013 pukul 09.24 mengatakan...

trimakasih,,,


ikhasands75.student.ipb.ac.id/

{ Unknown } at: 28 September 2016 pukul 07.53 mengatakan...

thenk yu bang sudah berbagi infooo. anyway itu teamnya boleh samaan aja gak fakultasnya?

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review