Resume Materi Perilaku Produsen

Produksi adalah usaha menciptakan dan meningkatkan kegunaan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan. Sedangkan orang yang menghasilkan barang atau jasa tersebut disebut produsen. Dalam produksi terdapat dua faktor yaitu faktor produksi asli dan faktor produksi turunan. Yang termasuk kedalam faktor produksi asli diantaranya yaitu alam dan tenaga kerja, sedangkan faktor produksi turunan meliputi modal dan keahlian.

Fungsi Produksi

Fungsi produksi merupakan interaksi masukan (input) dan keluaran (output). Secara sistematis, fungsi produksi dapat ditulis sebagai berikut :

Q = f (L,R,C,T)

dimana : 
Q = jumlah barang yang dihasilkan (quantity)
F = simbol persamaan (function)
L = tenaga kerja (labour)
R = kekayaan alam (resources)
C = modal (capital)
T = teknologi (technology) 

Produksi Optimal

Produksi optimal dikaitkan dengan penggunaan faktor produksi untuk memproduksi output tertentu, posisi optimal ini dicapai dimana tidak dimungkinkan untuk meningkatkan output tanpa mengurangi produksi output yang lain. Cara mengoptimalkan produksi bisa dengan meningkatkan kualitas produksi, jumlah produksi, manfaat produksi, bentuk fisik produksi, dan lain-lain.

Least Cost Combination

Least cost combination adalah menentukan kombinasi input mana yang memerlukan biaya terendah apabila jumlah produksi yang ingin dihasilkan telah ditentukan. Dalam hal ini pengusaha masih dapat menghemat biaya untuk menghasilkan produk tertentu selama nilai input yang digantikan atau disubstitusi masih lebih besar dari nilai input yang menghentikan atau yang mensubtitusi.

Contoh Kasus

Kasus diambil dari persaingan penjualan ponsel berplatform andorid dengan iphone. Handphone berplatform android dapat diproduksi dalam kurun waktu yang singkat dengan beragam jenis tipe yang ditawarkan. Hal ini dikarenakan android ditunjukan untuk pangsa pasar diberbagai lapisan strata masyarakat baik itu kelas ekonomi atas maupun bawah karena harga yang ditawarkan bervariasi. Berbeda dengan Iphone yang lebih ditunjukan untuk kelas ekonomi menengah keatas karena harga yang dijajakan relatif mahal. Oleh karena itu Iphone lebih lama merilis versi terbarunya dibanding dengan handphone berplatform android.  

Kasus lain yaitu tentang perbedaan pelayanan yang diberikan oleh produsen kepada konsumen dengan strata sosial yang berbeda, sebenarnya perbedaan pelayanan sah-sah saja asalkan mereka tetap pada batasannya yaitu memberikan service berdasarkan hak yang dimiliki oleh setiap konsumen. Contoh nyata yaitu di bank, bank memberikan pelayanan yang berbeda kepada nasabah prioritasnya, pelayanannya ini bisa dibilang cukup istimewa dimana para nasabah prioritas ini tidak perlu lagi mengantri karena sudah disiapkan ruang khusus untuk melayaninya. Sedangkan para nasabah biasa, mereka juga tetap dilayani dengan baik karena mereka memiliki kepentingan yang sama yaitu menabung.

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review