Organisasi adalah sekelompok individu yang berkumpul dalam suatu wadah untuk mencapai tujuan yang sama, organisasi itu sebuah wadah yang menampung aspirasi, cita-cita, harapan orang-orang. Organisasi memiliki karakter tersendiri, jati diri, sejarah, kisah, suka, sedih, cita-cita, aspirasi harapan orang banyak. Sebenarnya bagi orang dewasa sudah tidak awam dengan yang namanya organisasi dari sd, smp, rt, rw dan bahkan lingkungan keluarga bisa disebut organisasi.
Organisasi didirikan oleh sekelompok orang tertentu yang memiliki alasan. Seorang pakar bernama Herbert G. Hicks mengemukakan dua alasan mengapa orang memilih untuk berorganisasi :
- Alasan Sosial (social reason), sebagai "zoon politicon" artinya makhluk yang hidup secara berkelompok maka manusia akan merasa penting berorganisasi demi pergaulan maupun memenuhi kebutuhannya. Hal ini dapat kita temui pada organisasi-organisasi yang memiliki sasaran intelektual, atau ekonomi.
- Alasan Materi (material reason), melalui bantuan organisasi manusia dapat melakukan tiga macam hal yang tidak mungkin dilakukannya sendiri yaitu :
- Dapat memperbesar kemampuannya
- Dapat menghemat waktu yang diperlukan untuk mencapai suatu sasaran, melalui bantuan sebuah organisasi.
- Dapat menarik manfaat dari pengetahuan generasi-generasi sebelumnya yang telah dihimpun.
Ada beberapa hal yang harus kita sadari dalam berorganisasi. Bahwa organisasi ini milik banyak orang, semua anggota, bukan milik pengurus atau ketua. Sedemikian banyak orang yang memiliki karakter, sifat, bahasa, kebiasaan yang berbeda memberi kita kesempatan belajar jenis-jenis manusia. Seutuhnya organisasi dapat memberi manfaat bagi banyak orang, dan anda merasa mampu memperbaikinya, sebaiknya anda tetap bertahan. Seringkali organisasi ditangani secara salah, dan mungkin anda orang yang terpilih untuk berperan lebih. Apa yang saya tahu, tidak ada usaha yang sia-sia. Membangun organisasi, sejatinya juga membangun kepribadian anda.
Ciri-ciri Organisasi :
- Adanya komponen (atasan dan bawahan).
- Adanya kerja sama (cooperative yang berstruktur dari sekelompok orang).
- Adanya tujuan
- Adanya sasaran
- Adanya keterikatan format dan tata tertib yang harus ditaati
- Adanya pendelegasian wewenang dan koordinasi tugas-tugas.
Unsur-unsur Organisasi :
- Manusia (human factor), artinya organisasi baru ada jika ada unsur manusia yang bekerjasama, ada pemimpin dan ada yang di pimpin (bawahan).
- Tempat kedudukan, artinya organisasi itu baru ada, jika ada tempat kedudukannya
- Tujuan, artinya organisasi baru ada jika tujuan yang ingin di capai.
- Pekerjaan, artinya organisasi itu baru ada, jika ada pekerjaan yang akan dikerjakan serta adanya pembagian pekerjaan
- Struktur, artinya organisasi itu baru ada, jika ada hubungan dan kerjasama antara manusia yang satu dengan yang lainnya.
- Tekhnologi, artinya organisasi itu baru ada jika terdapat unsur tekhnis.
- Lingkungan (environment external social system), artinya organisasi itu baru ada, jika ada lingkungan yang saling mempengaruhi misalnya ada sistem kerjasama sosial.
0 komentar:
Posting Komentar