Keahlian Masyarakat Desa Tihingan

Mungkin banyak orang yang belum pernah mendengar tentang desa Tihingan dan mengetahui dimana lokasinya. Desa Tihingan adalah sebuah desa yang terdapat di provinsi Bali tepatnya di kecamatan Banjarangkan yang jaraknya kurang lebih 3 km dari kota Semarapura. Di Bali desa ini terkenal dengan keahlian masyarakatnya dalam membuat berbagai gamelan Bali dan menyelaraskan suara gamelan tersebut. Hal ini dapat dilihat dari banyaknya nama para Pande Tihingan pada barungan-barungan gamelan yang ada di desa-desa. Keahlian ini diwariskan oleh para leluhur berabad-abad lamanya dan dikenal sebagai Pande (ahli) Gong dari Desa Tihingan.

Tidak sedikit juga wisatawan asing yang datang berkunjung ke desa ini untuk sekedar melihat ataupun kemudian memesan seperangkat gong tersebut untuk dibawa kenegerinya karena mempunyai ciri khusus dan enak untuk dinikmati.


* Pemerintah sebaiknya memberikan perhatian kepada desa ini karena keahlian masyarakatnya dalam membuat gamelan yang merupakan salah satu kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesia agar keahlian tersebut tidak berhenti di satu masa tetapi dapat terus diwariskan dan tidak diakui oleh negara lain.

0 komentar:

Tutorial Matematika

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | GreenGeeks Review